Guncangan 6,3 SR di Korea Utara Diduga Ledakan Nuklir

Lokasi ledakan besar yang terpantau USGS di Korea Utara.
Sumber :
  • USGS

VIVA.co.id – Badan Survei Geologi Amerika Serikat, United States Geological Survey (USGS) menyebut guncangan besar berskala 6,3 bukan gempa, tapi sebuah ledakan.

Polisi Bongkar Jaringan Hacker Luar Negeri

"Kemungkinan ledakan, yang terletak di dekat lokasi di mana Korea Utara telah meledakkan nuklir di masa lalu," demikian bunyi sebuah pernyataan di situs USGS. "Jika kejadian ini adalah sebuah ledakan, Pusat Informasi Gempa Nasional USGS tidak dapat menentukan jenisnya, apakah nuklir atau jenis lainnya mungkin," tulis USGS di situs resminya seperti lansir abcnews, Minggu, 3 September 2017.

USGS menyebutkan, aktivitas seismik yang oleh badan ilmiahnya belum diidentifikasi sebagai gempa bumi terjadi 24 kilometer timur laut timur laut Sungjibaegam, Korea Utara.

Ahli Propaganda Terkenal di Korut Kim Ki Nam Meninggal Dunia

Kegiatan seismik tersebut terjadi beberapa jam setelah Korea Utara mengklaim bahwa pemimpinnya telah memeriksa pemuatan bom hidrogen menjadi rudal balistik antarbenua baru.

Menurut kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Kepala Staf Gabungan negara tersebut mengatakan bahwa Korea Utara diperkirakan telah melakukan uji coba nuklir keenam.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Awalnya, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan bahwa aktivitas seismik itu buatan, dan akan menganalisis apakah Korea Utara melakukan uji coba nuklir.

Warga Korea Utara.

Ngerinya Biro 121, Senyap sampai Bikin AS Nyapnyap

Korea Utara memiliki tentara siber yang mampu menyerang musuh-musuhnya. Pasukan senyap yang bernaung di bawah Biro 121 dan bagian dari 'General Bureau of Reconnaissance'.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024