Mesir Putuskan Hubungan Militer dengan Korea Utara

Warga Korea Utara saat memperingati hari nasional negara tersebut di Pyong yang.
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA.co.id – Menteri Pertahanan Mesir Sedki Sobhi mengumumkan bahwa negaranya telah memutuskan hubungan militer dengan Korea Utara. Pengumuman ini dikeluarkan saat ia berkunjung ke Ibu Kota Korea Selatan, Seoul.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

"Mesir akan secara aktif bekerja sama dengan Korea Selatan melawan Korea Utara yang mengancam perdamaian," kata Sobhi saat bertemu Menteri Pertahanan Korea Selatan, Song Young-moo.

Diberitakan Middle East Monitor, Rabu 13 September 2017, pemutusan hubungan militer tersebut dilakukan menyusul permintaan Young-moo kepada Mesir untuk bergabung dalam upaya menguatkan sanksi terhadap Korea Utara atas uji coba rudal balistik dan uji coba bom nuklirnya baru-baru ini.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Pertemuan tersebut adalah pertemuan pertama Sobhi dengan Young-moo yang dilakukan setelah ditandatanganinya sebuah nota kesepahaman (MoU) Korea Selatan-Mesir mengenai kerja sama pertahanan yang disepakati pada Maret lalu.

Selama beberapa dekade, Mesir mempertahankan hubungannya dengan Korut. Bahkan negara tersebut menjual persenjataannya ke Mesir, khususnya untuk meningkatkan persenjataan rudal menengah dan misil darat.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Bulan lalu, Amerika Serikat juga memotong atau menunda bantuan militer dan ekonomi senilai US$300 juta ke Mesir karena Mesir dianggap tersangkut kasus hak asasi manusia yang masih berhubungan dengan Pyongyang. (ase)

Ilustrasi agama di dunia

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ateisme secara umum merujuk pada ketidakpercayaan terhadap keberadaan Tuhan, dan seseorang yang menganut pandangan ini disebut sebagai ateis. Di Indonesia, hal itu tabu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024