Dubes Venezuela untuk PBB Merasa Difitnah Elite OPM

Bendera Organisasi Papua Merdeka.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id – Rafael Ramirez, Wakil Tetap/Duta Besar Venezuela untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), membantah telah berkomunikasi dengan Benny Wenda, pemimpin Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Inggris.

Jenderal Bintang Tiga TNI Berdarah Kopassus Kembali Masuk Papua

Rafael, yang juga Ketua Komite Dekolonisasi, mengatakan pernyataan itu sekaligus mengklarifikasi artikel yang diterbitkan surat kabar Guardian di Inggris. Guardian menyebutkan bahwa Benny Wenda telah menyampaikan petisi yang meminta diselenggarakan referendum untuk Papua kepada Komite Khusus Dekolonisasi PBB.

"Sebagai Ketua Komite Khusus Dekolonisasi PBB (C-24), saya maupun Sekretariat Komite, tidak pernah menerima, secara formal maupun informal, petisi atau siapapun mengenai Papua, seperti diberitakan koran Guardian," ujar Rafael melalui pesan eletroniknya pada Jumat, 29 September.

Pratu Herianto, Korban Kebiadaban Teroris OPM Diterbangkan ke Timika

Sebagai Ketua Komite Dekolonisasi, Rafael menegaskan tidak mungkin berhubungan dengan pihak-pihak di luar agenda C24. "Ada yang memanipulasi nama saya untuk propaganda," katanya.

Komite Khusus Dekolonisasi PBB, kata Rafael, sangat menghormati integritas dan kedaulatan wilayah semua anggota. "Manfaat dari Komite Dekolonisasi terbatas kepada 17 Non-Self-Governing Territories dan Papua tidak termasuk dalam 17 teritori tersebut," ujarnya.

Viral, Saya Kristen Tinggal Dekat Masjid Selama 25 Tahun

Ia menambahkan, sebagai sesama anggota Gerakan Non-Blok, Venezuela selalu menjunjung tinggi prinsip utama gerakan itu yang menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah negara anggota. "Venezuela tidak akan pernah melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia," ujarnya.

Duta Besar Indonesia untuk PBB, Triansyah Djani, menyebut kelompok Benny Wenda terus menyebarkan hoaks dan kebohongan kepada publik. "Kegiatan bohong seperti ini sangat sering dilakukan khususnya apabila ada pertemuan besar dan terdapat pejabat tinggi PBB yang hadir".

"Tahun lalu Benny Wenda pernah menyebutkan bahwa telah menyerahkan dokumen mengenai Papua kepada Sekjen PBB, namun setelah di konfirmasi ke kantor Sekjen PBB ternyata bohong," tegas Triansyah Djani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya