14 Ribu Anak Pengungsi Rohingya Malnutrisi Akut

Anak-anak pengungsi Rohingya di penampungan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Dari setengah juta pengungsi Rohingya yang telah melarikan diri ke Bangladesh, sekitar 145.000 di antaranya adalah anak-anak di bawah usia lima tahun yang berisiko malnutrisi.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Menurut badan amal Disasters Emergency Committee, setidaknya 14.000 anak pengungsi Rohingya di Bangladesh sudah menderita malnutrisi akut parah. Sementara itu, lebih dari 50.000 wanita hamil dan menyusui juga sangat membutuhkan makanan yang layak.

Evan Schuurman, juru bicara Save the Children di Cox's Bazar, Bangladesh, mengatakan, krisis yang telah meningkat memberi tantangan besar bagi upaya serta penyaluran bantuan untuk anak-anak dan keluarga. Setiap harinya, sekitar 10 ribu orang memasuki Bangladesh dalam enam pekan terakhir.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Hal senada diutarakan Steve Taravella, juru bicara World Food Program. Menurutnya, selain masalah kekerasan, keluarga yang terpisah dan terhalangnya akses terhadap bantuan, situasi juga makin diperburuk oleh masalah Bangladesh sendiri.

"Aliran manusia yang datang secara konstan dan cepat ini datang ke sebuah negara yang juga sedang berjuang untuk mengelola kebutuhan pembangunannya sendiri," kata Taravella, sebagaimana dikutip Independent, Jumat, 6 Oktober 2017.

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR

Isu lain yang juga dihadapi kali ini adalah musim hujan tahunan. Schuurman mengatakan, hujan yang melanda Bangladesh 'sangat sulit' pada musim ini, yang menyebabkan masalah banjir, transportasi dan logistik bagi pekerja bantuan.

Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024