Ratusan Ribu Orang Turun ke Jalan Tolak Catalunya Merdeka

Demonstrasi pro persatuan di Barcelona, Spanyol
Sumber :
  • REUTERS/Gonzalo Fuentes

VIVA.co.id – Ratusan ribu orang turun ke jalanan Barcelona, Spanyol pada Minggu, 8 Oktober 2017 waktu setempat untuk menunjukkan aspirasi mereka soal Spanyol yang bersatu. Aksi itu dilakukan sebagai kontra atas referendum dan rencana kemerdekaan Catalunya dari Spanyol.

Ratusan Ribu Pendukung Persatuan Spanyol Turun ke Jalan

Rencana kemerdekaan Catalunya dianggap akan bisa memecah persatuan bangsa Spanyol. Polisi lokal memperkirakan lebih dari 350 ribu orang turut dalam aksi solidaritas ini sebagaimana dikutip laman Reuters.

Mereka membawa bendera Spanyol juga bendera Catalunya dan meneriakkan bahwa Spanyol adalah satu. "Catalunya adalah Spanyol" dan "Bersama Kita Kuat", demikian bunyi tulisan spanduk-spanduk yang dibawa massa.

Akhiri Krisis, Spanyol Siap Pecat Pimpinan Catalunya

Massa turun ke jalan khususnya di pusat kota setelah dua kubu politikus yang menginginkan kemerdekaan Catalunya dan yang menolak hal itu sama-sama tengah perang urat saraf serta mempertahankan posisi masing-masing.

Sementara itu, Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy mengatakan bahwa dia tidak akan membiarkan referendum Catalunya yang dianggap ilegal, mengantarkan pada adanya kemerdekaan yang sah, karena dianggap tak sesuai dengan konstitusi. Rajoy juga memastikan tak akan ada pemilu yang lebih cepat.

Pengumuman Kemerdekaan Simbolis, Warga Catalunya Kecewa
Impian merdeka warga Catalunya.

Pekik Merdeka Catalunya Senyap Dukungan

Pemerintah Indonesia juga menolak mengakui kemerdekaan Catalunya.

img_title
VIVA.co.id
31 Oktober 2017