10-10-1973: Wapres AS Pertama Yang Mundur dengan Tak Hormat

Bendera Amerika Serikat AS di Pearl Harbour Hawaii
Sumber :
  • REUTERS/Hugh Gentry/Files

VIVA.co.id – Pada 10 Oktober 1973, sebagaimana dilansir laman History.com, Wakil Presiden Amerika Serikat pada saat itu, Spiro Agnew mengundurkan diri. Agnew menjadi Wapres AS pertama yang mundur tak hormat setelah terjerat skandal politik dan korupsi.

5 Gempa Bumi Terbesar Dalam Sejarah Dunia, No 3 di Indonesia Paling Banyak Korban

Agnew mundur kurang dari setahun hingga akhirnya Presiden Richard M.Nixon juga akhirnya mengundurkan diri karena terjerat skandal Watergate.

Agnew merupakan Wapres AS pertama yang mengundurkan diri tidak dengan hormat. Dia terkena masalah hukum soal pajak hingga korupsi. Dia bahkan disebutkan masih menerima suap bahkan setelah menjadi Wapres.

Dulu Tertindas, 5 Orang Biasa yang Mengubah Jalan Sejarah Dunia

Politikus Partai Republik itu pernah dipilih memimpin Baltimore County pada tahun 1961. Sementara pada tahun 1967, dia sempat menjadi Gubernur Maryland. Dia lalu maju menjadi Wapres Nixon pada tahun 1968 hingga pasangan itu terpilih kembali pada tahun 1972. 

Meski demikian, Kementerian Kehakiman AS tidak mengungkap seluruh tuduhan terhadapnya. Namun Agnew sempat dituntut tiga tahun kurungan percobaan dan denda sebesar US$10 ribu. Agnew kemudian meninggal dunia pada 17 September 1996 dalam usia 77 tahun.

Demi Lolos Tes Narkoba, Wanita di AS Kirim Urine Anjing Peliharaan

Presiden Nixon sempat membiarkan posisi wapres lowong hingga akhirnya mengajukan nama Gerald Ford yang kemudian disetujui oleh Kongres AS.

Ilustrasi gempa bumi.

10 Gempa Bumi Paling Mengguncang dalam Sejarah Dunia, Salah Satunya Indonesia!

Tidak dipungkiri, fenomena gempa bumi memakan banyak korban jiwa. Seperti yang terjadi pada beberapa negara berikut ini, berhasil membuat ribuan orang melayang dibuatnya.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2023