Kim Jong-un Angkat Mantan Pacar Jadi Pejabat Penting

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA.co.id – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah mempromosikan mantan kekasihnya yang juga bintang pop ke salah satu posisi penting di lingkaran dalam pemerintahannya.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Hyon Song-wol, mantan pemimpin Moranbong, sebuah grup musik perempuan yang disebut-sebut sebagai Spice Girls versi Korea Utara dipromosikan ke Komite Sentral Partai Buruh pada akhir pekan lalu.

Hal tersebut terjadi saat adanya rotasi dan promosi jabatan pemerintahan negara tersebut. Kim mempromosikan sejumlah orang dekatnya ke posisi penting.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Hyon pada bulan Desember 2012 lalu pernah melakukan hal kontroversi saat melakukan perjalanan ke China. Dia menolak naik pentas karena pejabat China menuntut adanya perubahan komposisi di grup Moranbong.

Dia dikatakan sengaja berulah di atas panggung dan memerintahkan rekan-rekannya untuk berkemas dan pergi setelah kelompok tersebut diminta untuk mengubah latar belakang gambar peluncuran rudal.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

"Dia mungkin bertindak berdasarkan perintah tapi dia bisa dengan tegas menolak tuntutan China untuk menunjukkan kepercayaan yang dimiliki Kim Jong-un kepadanya," kata seorang sumber, seperti dikutip Daily Mail, Rabu, 11 Oktober 2017.

Moranbong diresmikan pada tahun 2012 dan konon dibentuk oleh Kim sendiri. Grup ini memiliki sekitar 18 anggota dan dirancang untuk menunjukkan adanya modernisasi seni di Korea Utara.

Sementara Hyon saat itu dipilih untuk peran dan posisi yang lebih tinggi dibanding anggota yang lainnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya