Catalunya Ditekan Tenggat Waktu Kepastian Merdeka

Presiden Katalunya, Carles Puigdemont.
Sumber :
  • REUTERS/Ivan Alvarado

VIVA.co.id – Pemimpin Catalunya hanya memiliki waktu beberapa jam ke depan dari tenggat waktu yang ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk mengklarifikasi soal deklarasi kemerdekaannya.  

Atheis, PM Ganteng Spanyol Disumpah Tanpa Kitab Suci

Jika kemerdekaan memang ditetapkan maka Presiden Catalunya, Carles Puigdemont memiliki waktu sampai Kamis untuk memastikan deklarasi. Namun jika tidak jadi merdeka maka Catalunya akan memiliki otonomi substansial dengan implikasi aturan langsung dari Madrid.

Carles Puigdemont, pemimpin Catalunya memiliki batas waktu yang diberikan hingga pukul 10.00 waktu setempat. Namun belum diketahui keputusan yang akan dia ambil, sebagaimana dikutip BBC.

Pedro Sanchez Resmi Jadi Perdana Menteri Spanyol

Seperti diketahui setelah referendum kemerdekaan dua pekan lalu yang dinyatakan tidak sah oleh Mahkamah Konstitusi, Puigdemont menandatangani sebuah deklarasi kemerdekaan. Namun dia menunda pelaksanaannya. Ia mengaku ingin bernegosiasi lebih lanjut dengan Madrid.

Puigdemont juga berada di bawah tekanan dari mitra koalisi untuk melanjutkan kemerdekaan. Sementara Spanyol dan masyarakat internasional juga tidak mendukung kemerdekaan Catalunya. Uni Eropa juga menegaskan jika Catalunya berpisah dari Spanyol, maka wilayah itu tak akan bisa menjadi bagian dari perkumpulan regional tersebut. (ren)
 

Donald Trump Punya 'Kembaran' Petani Wanita di Spanyol
Tiga menteri penting dalam kabinet baru Spanyol: Menteri Ekonomi Nadia Calviño (kiri), Wakil PM Carmen Calvo (tengah), dan Menteri Keuangan María Jesús Montero (kanan). - EPA

Kabinet Baru Spanyol, Jumlah Perempuan Lebih Banyak

Bentukan Perdana Menteri Spanyol yang baru, Pedro Sanchez.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2018