Artis Papan Atas dalam Daftar Orang Kaya Paradise Papers

Vokalis U2 Bono
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau/Files

VIVA – Tak hanya nama pejabat dan pengusaha teras, nama selebritas papan atas juga disebut menjadi klien perusahaan offshore atau perusahaan cangkang dari bocoran data Paradise Papers. Salah satunya adalah Bono yang merupakan vokalis band terkenal U2.

Buku dan Lagu Favorit Obama di 2017, Ada U2 dan Rihanna Juga

Bono disebutkan memanfaatkan jasa perusahaan cangkang di Malta dan saham di sebuah pusat perbelanjaan di bagian timur laut negara itu. Pria bernama asli Paul Hewson itu sebagaimana dikutip dari laman Guardian merupakan investor perusahaan bernama Nude Estates yang membeli Ausra Mall setelah dibuka pada tahun 2007.

Nude Estates disebut sebagai perusahaan Lithuania yang juga memiliki properti di Utena sebelah utara negara itu.

Bono U2: Musik Zaman Sekarang Lebih Kemayu

Malta dianggap sebagai salah satu negara yang sangat longgar dalam hal pajak sehingga menjadi wilayah yang jadi incaran orang-orang super kaya untuk menyimpan uang atau menginvestasikan uang melalui perusahaan offshore. Tak hanya itu, mereka juga bisa menyimpan uang dengan data yang dirahasiakan.

Menanggapi hal ini, juru bicara Bono menanggapi. "Bono adalah investor pasif dan hanya punya saham kecil di Nude Estates Malta Ltd dan perusahaan itu didaftarkan secara legal," kata si juru bicara.

Soal Paradise Papers, Sandiaga Pernah Kerja di NTI Resources

Tak hanya Bono, bintang pop Amerika Serikat, Madonna, juga disebutkan menjadi salah satu klien perusahaan offshore dalam daftar Paradise Papers. (ase)

Band U2

Grup Band U2 Melawan Donald Trump di Video Klip Terbaru

Lagu itu adalah sebuah surat pribadi dan seruan untuk situasi global

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2018