Ke Perbatasan Korut Helikopter Trump Putar Haluan, Genting?

Persiapan Presiden AS Donald Trump naik helikopter ke DMZ
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA – Setelah berbulan-bulan mengeluarkan retorika yang mendorong meningkatnya eskalasi ketegangan di semenanjung Korea, kunjungan Presiden Amerika Serikat Donald Trump ke DMZ ternyata harus batal. Rencana kunjungan yang waktunya dirahasiakan oleh Trump ke perbatasan demiliterisasi atau demiliterized zone (DMZ) antara Korea Utara dan Korea Selatan disebutkan batal lantaran faktor cuaca yang berkabut tebal.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Helikopter yang akan membawa Trump dan staf, media dan pasukan keamanan, mundur dan putar haluan beberapa menit dari DMZ dan kunjungan yang telah direncanakan sejak sebelum Trump bertolak ke Asia itu harus batal terealisasi.

"Dia sebenarnya sangat frustrasi," kata Sekretaris Pers Sarah Huckabee seperti dikutip Reuters, Rabu, 8 November 2017 soal batalnya lawatan ke zona kritis itu.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Semua Presiden Amerika Serikat sejak kepemimpinan Ronald Reagan diketahui telah mengunjungi DMZ. Sementara George H.W. Bush kala itu hanya berkunjung dalam posisi sebagai Wakil Presiden.

Rencana Trump untuk berkunjung ke DMZ memang sudah didengungkan sejak lama meski sempat dibantah oleh pihak Gedung Putih. Termasuk akhir bulan lalu, seorang pejabat senior AS mengatakan bahwa rencana kunjungan ke DMZ hanya isu klise.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

DMZ menjadi zona kritis sekaligus strategis yang menjadi pembatas teritorial antara selatan dan utara Korea. Area itu juga menjadi krusial untuk pengintaian.
 

Ilustrasi agama di dunia

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ateisme secara umum merujuk pada ketidakpercayaan terhadap keberadaan Tuhan, dan seseorang yang menganut pandangan ini disebut sebagai ateis. Di Indonesia, hal itu tabu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024