Diktator Robert Mugabe Mundur, Zimbabwe Bersorak

Robert Mugabe
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Akhirnya Presiden Zimbabwe menyatakan mundur dari jabatannya. Dia sudah berada di tampuk kekuasaan negeri itu selama 37 tahun dan selama ini ada istilah bahwa "Hanya Tuhan yang bisa menumbangkannya".

Kewalahan Lawan Pemberontak, Junta Myanmar Berlakukan Wajib Militer bagi Pemuda dan Pemudi

Mundurnya Mugabe dimulai dengan adanya kudeta militer di negeri itu, meski kudeta itu diklaim bukan dimaksudkan untuk menggulingkan pemerintahan. Mugabe pun membenarkannya belum lama ini.

Dilansir BBC, surat pengunduran dirinya dibacakan di depan Parlemen Zimbabwe yang menuai kegembiraan publik yang selama ini menilai bahwa Mugabe memerintah dengan menyebarkan rasa takut. Sebagian mereka juga turun ke jalan merayakan hal ini. Apalagi sebelumnya, Mugabe mengatakan tak bakal mundur.

Terlibat Perencanaan Kudeta, Eks Presiden Brasil Diringkus Polisi

Namun, akhirnya Mugabe menyatakan, dia bersedia mundur untuk memastikan adanya suasana yang kondusif dan stabil serta berlangsungnya transisi kekuasaan dengan mulus di negara itu.

"Saya sangat senang, sangat gembira. Ini adalah salah satu momen terbaik yang pernah ada di negeri ini," kata politikus oposisi Julian Mtukudzi. (art)

Terapkan Hak untuk Hidup, Zimbabwe Hapus Hukuman Mati
Pemuda Myanmar Nekat Kabur Demi Hindari Wajib Militer Junta

Apa Beda Junta Militer dengan Kudeta? Ini Jawabannya

Menurut definisi ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), junta militer adalah suatu badan pemerintahan yang didirikan dan dikuasai oleh militer, sedangkan kudeta ini

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024