Kepada Wapres JK, Wakil PM China Beberkan Ambisi Kalahkan AS

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA – Wakil Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Liu Yandong, menyampaikan ambisi negaranya untuk menjadi lebih unggul dan bisa menandingi Amerika Serikat (AS), negara yang saat ini dianggap masih adikuasa. Hal itu disampaikan Liu kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kunjungan kehormatan yang dilangsungkan di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta, Senin 27 November 2017.

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

"Hasil Kongres Partai Komunis Tiongkok mempunyai target, bagaimana pada tahun 2020, 2035 dan 2050 bahwa China harus menjadi negara yang sangat kuat. Artinya ingin menggambarkan bahwa dia ingin melebihi Amerika atau sama dengan Amerika pada tahun itu," ujar JK.

Menurut JK, ambisi itu menjadi latar belakang Tiongkok pada saat ini begitu banyak menjalin kerja sama dengan negara lain termasuk dengan Indonesia. Dengan Indonesia, kerja sama yang sudah dijalin Tiongkok di antaranya dalam bidang ekonomi, kependudukan, pendidikan hingga teknologi nuklir.

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

JK menyampaikan, Tiongkok berkomitmen untuk menjaga serta meningkatkan level kerja sama itu. Kerja sama paling kentara salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. China merupakan salah satu tujuan utama pendidikan tinggi mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di luar negeri.

"Di China itu ada 14 ribu mahasiswa Indonesia. Ada yang short-term, ada yang graduate, ada post-graduate. Itu semuanya sangat bermanfaat," kata Wapres JK. (ren)
 

Pandemi COVID-19 di Indonesia Membaik, Masyarakat Diminta Tetap Prokes
Mantan Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

JK mengingatkan untuk berhati-hati terhadap wacana penundaan Pemilu 2024. Konstitusi sudah mengamanatkan Pemilu digelar lima tahun sekali.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022