RI Masih Pikir-pikir Terima Tawaran Kerja Sama Nuklir China

Pameran produk dan perusahaan nuklir China di Xian, China
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak langsung menyetujui tawaran dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk melakukan investasi pengembangan energi nuklir di Indonesia. JK mengakui, hal itu harus dipikirkan matang agar tidak berdampak bahaya kepada rakyat Indonesia.

Menteri ESDM Sebut RI Mulai Pertimbangkan Penggunaan Energi Nuklir

Pasalnya, pengembangan energi nuklir teramat berisiko di Indonesia mengingat Indonesia merupakan negara yang berpotensi gempa bumi.

"Saya katakan bahwa kita masih banyak gempa jadi tidak mudah untuk (mengembangkan energi) nuklir di Indonesia itu. Harus betul-betul menggunakan teknologi yang sangat tinggi untuk bebas dari (ancaman) gempa seperti itu," ujar JK usai menerima Wakil Perdana Menteri China, Liu Yandong di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 27 November 2017.

Energi Adalah, Pahami Definisi, Macam-Macam, Sumber, dan Fungsinya

Menurut JK, sikap penuh pertimbangan perlu meski pemerintah China menjamin teknologi nuklir yang mereka tawarkan adalah inovasi yang disesuaikan tingkat keamanan untuk negara yang rawan gempa. 

JK meminta ada jaminan kerja sama ilmiah antara ilmuwan RRT dan ilmuwan Indonesia. Hal itu dinilai akan bisa memberi keyakinan kepada kalangan akademisi Indonesia dan menjadi pertimbangan pemerintah untuk merestui investasi nuklir RRT.

RI Masih 'Pikir-pikir' Soal Sejumlah Proyek dengan China

"Mereka akan meneliti dahulu masalah itu. Apa efeknya kalau terjadi gempa bumi yang besar," ujar Wapres.

Energi nuklir.

Inggris Berencana Bangun 7 Pembangkit Tenaga Nuklir Baru pada 2050

Seorang Menteri senior Inggris mengklaim, bahwa Inggris dapat membangun hingga tujuh pembangkit listrik tenaga nuklir baru pada tahun 2050.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2022