Rudal Balistik Korut Mendarat Dekat Jepang, AS Meradang

Korea Utara terus melakukan uji coba peluncuran rudal.
Sumber :
  • KCNA via REUTERS

VIVA – Korea Utara kembali melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang kali ini malah mendarat tak jauh dari Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE Jepang. Dilansir Reuters, rudal balistik ICBM itu membuat Jepang dan Amerika naik pitam lantaran Korut dinilai makin berani menyinggung teritori negara lain.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Uji coba rudal balistik ini kembali dilakukan setelah pada pertengahan September 2017 lalu. Saat itu, Amerika Serikat segera bereaksi dan Presiden AS Donald Trump memasukkan Korut di daftar negara pendukung teroris internasional.

Korut telah melakukan belasan uji coba rudal balistik dan bom nuklir selama kepemimpinan Kim Jong-un. Bahkan Korut sudah mempersiapkan senjatanya agar bisa menjangkau daratan AS.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Sementara pihak militer Korsel menyatakan bahwa jangkauan rudal balistik Korut kali ini lebih jauh yaitu dengan ketinggian 2.800 mil dan terbang sejauh 600 mil mendekati ZEE Jepang.

"Jelas uji coba ini lebih tinggi dan jauh jangkauannya dibanding yang sebelumnya. Korut melakukan riset lebih mutakhir agar senjata yang mereka buat bisa menjadi ancaman bagi seluruh dunia," kata Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis, di Gedung Putih mengomentari peluncuran senjata ini. 

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Pascauji coba tersebut, Presiden AS Donald Trump dilaporkan sudah melakukan komunikasi dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk memastikan mereka siap menghadapi ancaman Korut. (one)

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024