Momen Langka, Pejabat Senior PBB Kunjungi Korea Utara

Kim Jong-un dielu-elukan para pejabat tentara Korut
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA – Pejabat senior bidang politik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Jeffrey Feltman mengunjungi Korea Utara selama empat hari setelah mengunjungi China. Sebagaimana dikutip dari laman BBC, kunjungan pejabat politik PBB ini adalah yang pertama kali sejak enam tahun silam.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Disebutkan bahwa Korea Utara mengirimkan undangan kepada pejabat PBB pada September lalu. Undangan itu dilayangkan dalam rangka dialog kebijakan negaranya.

Kepastian kehadiran Feltman dikonfirmasi pekan lalu setelah Korea Utara kembali menguji coba rudal termutakhirnya yang disebut sebagai senjata berkekuatan besar, karena bisa terbang melampaui benua dengan membawa hulu ledak nuklir. 

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Juru bicara PBB mengatakan bahwa Feltman akan dijadwalkan bertemu dengan Menlu Korea Utara Ri Yong-ho. Namun, dia tidak diagendakan bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Saat ini Korut sedang terkena sanksi PBB. Meskipun demikian, masih ada enam agensi PBB dengan 50 orang staf yang berada di negara tersebut. Agensi atau perwakilan badan yang masih ada di Korut biasanya yang terkait dengan bidang pangan, pertanian, dan kesehatan.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Kunjungan pejabat politik senior PBB ke Korut dikategorikan momen langka atau jarang terjadi lantaran pejabat setara yang terakhir mengunjungi Pyongyang adalah Valerie Amos saat menjadi pejabat senior di PBB pada 2011. (art)

Ilustrasi agama di dunia

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ateisme secara umum merujuk pada ketidakpercayaan terhadap keberadaan Tuhan, dan seseorang yang menganut pandangan ini disebut sebagai ateis. Di Indonesia, hal itu tabu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024