Enam Tahun Berkuasa, Kim Jong-un Tak Pernah Rayakan Ultah

Kim Jong-un saat melakukan inspeksi ke pabrik tepung di negaranya
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA – Kalender resmi pemerintah Korea Utara yang dipublikasikan baru-baru ini ternyata tidak memberi tanda khusus untuk hari ulang tahun Kim Jong-un.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Ulang tahun Kim Jong-un, diketahui secara luas adalah pada 8 Januari. Tapi merujuk pada sebuah kalender yang terlihat di saluran televisi Tokyo Broadcasting System (TBS) di Japan, untuk tahun 2018, tanggal 8 Januari jatuh di hari Senin dan ditandai sebagai hari kerja rutin.

Ulang tahun Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un, adalah 16 Februari dan setiap tahun diperingati sebagai "Day of The Shining Star/Hari Bintang Bersinar." Sedangkan setiap tanggal ulang tahun Kim Il-sung, kakek Kim Jong-un, yaitu pada 15 April diperingati sebagai "Day of The Sun/Hari Matahari."

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Kedua hari libur nasional ini ditetapkan sejak kedua pemimpin Korea itu masih hidup, namun tidak diketahui mengapa hingga hari ini, atau enam tahun sejak Kim Jong-un memimpin, Korea Utara masih belum mengonfirmasi ulang tahun Kim Jong-un atau menandai hari itu sebagai hari libur nasional.

Satu-satunya yang bisa diketahui warga Korea Utara soal kelahian Kim Jong-un adalah pada tahun 2014, yaitu saat pemain basket Dennis Rodman menyanyikan "Happy Birthday" untuk Kim setelah pertandingan eksibisi di Pyongyang.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

Korea Utara yang paling dekat telah datang untuk mengakui hari kelahirannya pada tahun 2014, saat mengunjungi pemain basket Dennis Rodman menyanyikan "Happy Birthday" kepadanya setelah sebuah pertandingan eksibisi di Pyongyang.

Sementara pemirsa di luar Korea Utara dapat melihat video Rodman bermain basket di Korea Utara, penonton domestik hanya diberitahu bahwa mantan pemain NBA telah "menyanyikannya lagu spesial" untuk Kim Jong-un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022