Teror Bom di Kantor Berita Afghan Voice, 40 Tewas

Serangan bunuh diri di Kabul, Afganistan, 28 Desember 2017
Sumber :
  • REUTERS/Mohammad Ismail

VIVA – Sebuah serangan bom bunuh diri terjadi di kantor berita Afghan Voice dan di sebuah pusat kebudayaan di ibu kota Kabul, Afganistan yang menewaskan puluhan orang pada hari Kamis, 28 Desember 2017, waktu setempat.

Bom Bunuh Diri Tewaskan 3 Orang di Afghanistan, Taliban Larang Warga Bicara pada Media

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afganistan, Nasrat Rahimi mengatakan setidaknya 40 korban meninggal dunia dan 30 lainnya cedera dalam ledakan tersebut. Serangan tersebut terjadi saat sedang diadakan diskusi panel di mana banyak pelajar yang hadir.

Sayed Abbas Hussaini, seorang wartawan di agensi tersebut mengatakan tampaknya ada lebih dari satu ledakan selama serangan menyusul ledakan awal di pintu masuk. Dia mengatakan seorang reporter terbunuh dan yang lainnya terluka sebagaimana dilansir Reuters.

5 Perwira Polisi yang Menangani Kasus Bom Sarinah, Ada yang Berujung Masuk Bui

Afghan Voice memiliki hubungan dengan Syiah meski tidak ada klaim hubungan erat antara keduanya. Juru Bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengeluarkan pernyataan melalui Twitter menolak keterlibatan mereka dalam serangan itu.

Serangan tersebut adalah serangan terbaru yang menyerang kelompok media di Afganistan. Beberapa bulan lalu, sebuah serangan juga terjadi di salah satu stasiun televisi swasta di Kabul.

Ini Sosok Hassan Yousef yang Tinggalkan Islam dan Membelot ke Israel

Sementara itu, didukung oleh serangan udara Amerika Serikat, pasukan Afganistan telah berhasil memukul mundur Taliban. Namun serangan-serangan tingkat tinggi di kota-kota besar masih terus berlanjut karena militan mulai mengupayakan berbagai cara untuk mengacaukan keamanan.

Berdasarkan laporan bulan ini oleh organisasi kebebasan media, Reporters without Borders, Afganistan adalah salah satu negara paling berbahaya di dunia bagi para pekerja media. Diketahui, dua wartawan dan lima asisten redaksi media tewas saat bekerja selama tahun 2017 di negara itu.

Ledakan bom bunuh di diri di Pakistan, tewas warga negara China

5 WN China Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Pakistan

Pelaku bom bunuh diri di barat laut Pakistan menabrakkan mobilnya yang berisi bahan peledak ke dalam kendaraan yang ditumpangi 5 WN China

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024