Demonstrasi Besar-besaran di Iran, Dua Orang Tewas

Demonstrasi berujung kerusahan di Iran
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Demonstrasi besar-besaran masih terjadi di Teheran, Iran. Hari ini merupakan hari ketiga saat demonstran juga berujung bentrok dengan polisi dan petugas keamanan. Massa juga merangsek masuk dan merusak sebagian gedung-gedung publik sebagaimana dilansir Reuters.

AKBP Ferikson Dapat 2 Jahitan Buntut Dipukul Mahasiswa Papua

Dilaporkan, dua orang demonstran bahkan harus ditembak dan tewas. Gelombang unjuk rasa terjadi di Iran atas ketidakpuasan terhadap pemerintah dan kondisi ekonomi yang memburuk. Protes juga terjadi akibat adanya kasus-kasus korupsi yang dianggap tak diungkap sejak tahun 2009 pascakerusuhan terpilihnya kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad pada saat itu.

Protes yang terjadi di Iran kali ini dilakukan baik oleh massa yang memprotes pemerintah dan pada saat bersamaan di beberapa lokasi juga terjadi protes yang mendukung pemerintah seperti di Teheran dan Mashhad. Massa yang memprotes pemerintah di beberapa lokasi terlibat bentrokan termasuk di Teheran.

Ricuh Hasil Pemilu AS, 50 Orang Ditangkap di New York

Video yang sempat beredar di media sosial menunjukkan adanya korban luka bahkan tewas. Diidentifikasi ada dua pemuda yang terbaring dengan berlumuran darah di lokasi unjuk rasa.

Sementara itu terdengar teriakan,"Saya akan membunuh siapa saja yang membunuh saudara kami."

Demonstrasi di Patung Kuda Hari Ini, 33 Remaja Diamankan

Terjadi pula pawai demonstrasi oleh massa di Dorud yang meneriakkan,"Diktator harus mati," dengan maksud merujuk pada pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Polisi menembaki dan menangkap pengunjuk rasa selama protes di Shanghai China

Berlangsung Ricuh, Polisi Seret dan Tangkapi Demonstran di China

Bentrokan tersebut terjadi karena adanya gelombang protes atas aturan penguncian COVID-19 di China secara ketat selama tiga tahun pandemi berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
30 November 2022