Aturan Baru, Pendaki Tunggal Tak Boleh Naik Everest

Ilustrasi Pendaki
Sumber :
  • REUTERS/Navesh Chitrakar

VIVA – Nepal mengeluarkan larangan bagi pendaki solo atau tunggal yang mau naik ke gunung-gunung di wilayahnya, termasuk tidak diperbolehkan ke puncak Gunung Everest sebagaimana dilansir laman BBC.

5 Fakta Gunung Marapi di Sumbar Erupsi, 11 Pendaki Ditemukan Meninggal

Aturan baru ini juga melarang pendaki dengan kondisi kaki dua-duanya diamputasi dan pendaki tunanetra melakukan pendakian menuju puncak Everest tanpa adanya sertifikat medis yang terpercaya dan memastikan fisik pendaki siap naik gunung. Menurut Dinas Pariwisata setempat, aturan baru itu diberlakukan untuk memastikan aktivitas pendakian ke Everest lebih aman dan menimimalisasi potensi korban.

Diketahui ada beberapa pendaki tunggal yang naik ke Everest pada tahun ini.

Komet Berukuran 3 Kali Lipat dari Gunung Everest Menuju Bumi

Tiga di antaranya disebut mengalami kecelakaan. Sementara jumlah kematian akibat seluruh pendakian yang terjadi pada tahun ini sudah enam korban termasuk pria pendaki tertua bernama Min Bahadur Sherchan yang mencoba mendaki agar bisa meraih gelar sebagai pendaki tertua di dunia.

Sementara pria asal Swiss yang merupakan pendaki terkenal, Ueli Steck yang terkenal dengan julukan "Swiss Machine" juga tewas selama melakukan pendakian tunggal ke salah satu puncak di sebelah Everest. (mus)

Terpopuler: Tips Diet ala Ade Rai sampai Kekacauan di Gunung Everest
Sherpa.

Turunkan Jenazah Pendaki dari Gunung Everest, Profesi Ini Dibayar Miliaran Rupiah

Predikat gunung tertinggi di dunia membuat Everest menjadi tempat paling didambakan bagi banyak pendaki. Namun, sayangnya, banyak pula para pendaki yang meregang nyawa.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2023