Kemeriahan Malam Tahun Baru 2018 di Berbagai Negara

Pesta kembang api di Paris dipusatkan di Arc de Triomphe
Sumber :
  • REUTERS/Philippe Wojazer

VIVA – Perayaan menyambut tahun baru 2018 berlangsung meriah di berbagai negara. Sejumlah negara merayakannya dengan pesta kembang api dan pertunjukan spektakuler lainnya. Sejumlah doa dan harapan dipanjatkan seiring di awal tahun 2018 ini.

Jakarnaval, Parade Kreatif yang Memukau di Perayaan Malam Muda Mudi Jakarta

Diansir Guardian, Senin, 1 Januari 2018, ramalan cuaca buruk di Inggris dan Skotlandia tak menyurutkan niat warga untuk merayakan pergantian tahun. Di Inggris, pertunjukan kembang api berlangsung meriah di Big Ben. Puluhan ribu orang berkumpul menikmati keseruan malam tahun baru tanpa gangguan cuaca.

Kembang api di Big Ben London di malam tahu baru 2018

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Foto: Kembang api di menara Big Ben London

Perayaan tahun baru di Paris di bawah pengamanan tingkat tinggi, menyusul serangkaian serangan teroris di kota tersebut. Seratus ribu aparat dibantu 40 ribu regu penyelamat disebar ke penjuru kota. Pesta kembang api di Paris dipusatkan di Arc de Triomphe.

Nyanyi Lagu Rhoma Irama, Pesona Ariel NOAH Gegerkan Pantai Carnaval Ancol

Pengamanan ekstra ketat di malam tahun baru juga diberlakukan di Berlin, Jerman. Polisi Berlin menambah 1.600 personelnya untuk bertugas mengamankan pergantian tahun. Otoritas setempat melarang pengunjung membawa tas dan ransel besar di pusat pertunjukan kembang api di Gerbang Brandenburg.

Pesta kembang api pada malam perayaan tahun baru 2018 di QuadrigaSculpture Atop

Foto: Pesta kembang api di Gerbang Brandenburg, Berlin

Pengamanan ketat di Berlin menyusul maraknya aksi pelecehan seksual yang meluas di Cologne dua tahun lalu dan serangan teroris di malam Natal tahun 2016. Tak hanya Berlin, pengamanan ekstra ketat juga diberlakukan di Frankfurt.

Di Jakarta, Indonesia, malam pergantian tahun dimeriahkan dengan acaran nikah massal gratis yang diikuti 437 pasangan. Adapun pesta kembang api dipusatkan di Monumen Nasional (Monas) dan Taman Impian Jaya Ancol.

Pesta kembang api di malam tahun baru 2018 di Jakarta Indonesia

Fotot: Malam tahun baru 2018 di Jakarta, Indonesia

Perayaan tahun baru di Palace Square, St Petersburg, Rusia, sempat terjadi insiden. Pohon Natal setinggi 25 meter yang berada di Palace Square terbakar. Sementara di Moskow, meski sempat diguyur hujan lebat, pesta kembang api spektakuler tetap digelar di Lapangan Merah. Warga yang hadir tetap antusias merayakan mama tahun baru di ibu kota negeri beruang merah itu.

Pesta kembang api pada malam perayaan tahun baru 2018 di Moskow Rusia

Foto: Atraksi kembang api di Moskow Rusia

Gedung Burj Khalifa, Dubai, sekali lagi menjadi saksi perayaan malam tahun baru di Uni Emirat Arab. Gedung tertinggi di dunia dengan tinggi 828 meter itu memilih pertunjukan lampu LED, menyusul keputusan otoritas berwenang setempat untuk tidak menampilkan pesta kembang api.

Layar yang ada di sisi timur menara Burj Khalifa menampilkan kaligrafi Arab, desain geometris dan potret almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, Presiden pertama UEA. Di samping itu terpampang ucapan 'Happy New Year 2018'.

Lampu LED di malam tahun baru 2018 di Burj Khalifa , Dubai

Foto: Ucapan selamat tahun baru 2018 dari atas menara Burj Khalifa Dubai

Kembang api menerangi langit di atas pelabuhan Sydney menyambut tahun baru 2018. Lampu LED rainfall cascade semakin menambah semarak Kota Sydney. Meskipun pengamanan ekstra ketat, tapi tidak ada peringatan khusus acara malam tahun baru di Sydney. Diperkirakan hampir separuh dari yang menghadiri pertunjukan kembang api itu adalah wisatawan.

Kembang api menerangi jembatan pelabuhan Sydney Australia di malam tahun baru

Foto: Pesta kembang api di Sydney

Di Beijing, jutaan orang berkumpul di Gerbang Yongdingmen melakukan hitung mundur jelang detik-detik pergantian tahun 2018. Tata lampu dan panggung megah berdiri di depan gerbang kota lama Beijing itu. Pertunjukan tari-tarian kolosal disuguhkan dan diakhiri dengan hitung mundur pergantian tahun.

Perayaan malam tahun baru 2018 di Yongdingmen Gate Beijing China

Foto: Malam tahun baru di Gerbang Yongdingmen, Beijing

Sementara di Singapura, perayaan malam tahun baru di bawah guyuran hujan. Warga yang mengenakan mantel dan payung tetap antusias menyaksikan kembang api menerangi Marina Bay. Beberapa atraksi tari-tarian yang semula dijadwalkan terpaksa dibatalkan karena hujan.

Pesta kembang api di malam tahun baru 2018 di Singapura yang diguyur hujan

Foto: Malam tahun baru di Singapura di bawah guyuran hujan

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya