Unggah Foto Pelaku Bunuh Diri, Bloger Dicerca Habis

Ilustrasi bunuh diri.
Sumber :

VIVA – Seorang bloger terkenal dikecam habis-habisan. Ia mengunggah sebuah video yang menampakkan jasad korban bunuh diri di sebuah hutan di Jepang.

Youtuber Berpenghasilan Rp195 Miliar Ancam Tutup Channel

Logan Paul, seorang bloger terkenal di Youtube dengan 15 juta penonton, mengunggah rekaman pada 31 Januari 2017. Logan membuat video berdurasi 15 menit tentang perjalanannya ke hutan Aokigahara, sebuah hutan di Jepang yang terkenal sebagai lokasi bunuh diri. Dalam rekaman tersebut, Paul mengatakan ingin bertemu dengan 'arwah yang gentayangan.'

Setelah beberapa saat berjalan di hutan, rombongan Paul dan teman-temannya menemukan jasad seorang pria. Paul lalu mengambil gambar jasad tersebut dari jarak dekat, namun wajah mayat itu diburamkan. Meski seorang temannya sudah mengatakan tak nyaman, namun Paul hanya tertawa. Tak ada identitas jasad tersebut.

Tips Menjadi Vlogger Sukses di Bulan Ramadhan

Namun setelah video itu tayang, tak semua warganet menyetujui isinya. Mereka memprotes tayangan itu. Mereka menuduh Paul Logan bersikap kurang ajar, menjijikkan, dan menyerukan agar saluran video Paul di Youtube dihapus. Paul juga dianggap membangkitkan kesadaran soal potensi bunuh diri, dan mayoritas komen lain yang bernada negatif.

Melihat kondisi tersebut, Paul memutuskan menghapus tayangannya dan meminta maaf. Dalam video berikutnya, pemuda asal Ohio, Amerika Serikat itu mengaku telah membuat kesalahan serius dan tidak berharap dimaafkan.

Polisi Ini Nekat Bunuh Diri di Ruang Kerja

"Saya seharusnya tidak mengunggah video itu. Seharusnya saya menaruh kamera dan berhenti merekam apa yang kami lalui. Ada banyak hal yang semestinya saya lakukan berbeda, tapi tidak. Saya malu pada diri saya. Saya kecewa pada diri saya," tutur Paul, seperti dikutip dari BBC, 3 Januari 2018.

Paul mengaku hanya ingin membuat 'efek positif' di internet, dan bukan 'badai negatif.' (ase)

Gelandang Bayern Munich, Alphonso Davies (kiri) hobi bikin konten video TikTok

Gemar Main TikTok, Jiwa 'Alay' Gelandang Bayern Munich Tersalurkan

Davies tampak sangat menikmati membuat konten video-videonya.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2020