Australia Segera Jadi Produsen Ganja Obat Terbesar di Dunia

Daun ganja
Sumber :
  • The Independent

VIVA – Australia berupaya meningkatkan produksi ganja untuk sektor obat-obatan, setelah mendapat persetujuan memulai ekspor ke luar negeri.

Mau Liburan Sambil Kerja, Australia Siapkan 4100 Visa untuk WNI

Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt mengatakan, izin ekspor produk ganja obat-obatan akan membantu pengembangan pasar domestik agar terus tumbuh.

"Dengan membangun produsen dalam negeri untuk mengembangkan, hal ini pada akhirnya akan membantu memastikan pasokan produk ganja obat yang sedang berlangsung di Australia," kata Hunt, dikutip dari Guardian, Kamis, 4 Januari 2018.

6 Warga China dan 2 WNI Ditahan Coba-coba Masuk Perairan Australia

Hunt berharap Australia bisa menjadi pemasok ganja obat terbesar dan terlaris di dunia. Izin ekspor pun akan dilakukan di bawah peraturan yang berlaku.

Pemerintah federal pada 2016 lalu melegalisir akses kepada pasien untuk mendapatkan ganja obat yang tumbuh dan diproduksi di Australia, sesuai dengan peraturan negara bagian dan teritori.

Sosok Berkebaya Terukir di Monumen Perjuangan Australia, Siapa Dia?

Victoria menjadi negara bagian pertama di Australia yang melegalkan ganja untuk penggunaan medis dan segera diikuti oleh New South Wales. Sejauh ini, Departemen Kesehatan Federal mengatakan 350 pasien telah mengakses produk ganja obat-obatan di Australia.

Namun, ada beberapa kekhawatiran yang membuat dokter enggan meresepkan produknya.

Hunt mengatakan hal itu bisa dimengerti, melihat banyak dokter yang enggan meresepkan obat ganja. Dia meyakinkan masyarakat bahwa saat ini tidak ada hambatan sama sekali dari pemerintah, untuk mengakses ganja sebagai keperluan pengobatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya