Cuaca Beku di AS Tewaskan 9 Orang

Suasana beku dan bersalju di Manhattan, New York.
Sumber :
  • REUTERS/Eduardo Munoz

VIVA – Udara dingin di Amerika Serikat yang disebut sebagai kondisi ekstrem selama sebulan terakhir menelan korban. Sembilan orang meninggal dunia.

Suhu di Florida AS Sangat Dingin, Iguana Berjatuhan dari Pohon

Pada Selasa, 3 Januari 2017, Dinas Cuaca Nasional AS menyampaikan peringatan kepada 40 negara bagian di AS. Mereka memperkirakan suhu udara akan berada jauh di bawah normal dan angin kencang akan membuat udara terasa jauh lebih dingin. Para pakar cuaca mengatakan, udara yang bahkan lebih dingin lagi masih mengancam.

Peringatan tentang udara yang membeku juga tetap diberlakukan di beberapa negara bagian yang biasanya nyaman, termasuk Texas, Louisiana, Mississippi dan Alabama. Suhu turun menjadi -13 Celsius di dekat Cullman, Alabama, dan -7 Celcius di Mobile, Alabama.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Pejabat kota juga membuka sejumlah tempat penampungan dengan pemanas di wilayah Selatan, karena suhu dingin menurunkan hujan salju yang jarang terjadi sampai ke selatan seperti Austin, Texas.

Di Savannah, Georgia, di mana suhu tinggi rata-rata di bulan Januari adalah 16 derajat Celsius, kini suhunya bahkan menurun hingga -1 derajat Celcius pada siang hari.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Kunjungan pasien akibat hipotermia di ruang UGD rumah sakit di seluruh AS juga melonjak. Sembilan orang dari berbagai wilayah di AS dikabarkan tewas karena suhu yang dingin.

Suhu yang sangat dingin di AS sudah terasa sejak menjelang Natal. Wilayah Omaha, Nebraska, memecahkan rekor yang berusia lebih dari 130 tahun saat suhu di wilayah tersebut menembus suhu -29C.

Sementara di Aberdeen, South Dakota, suhu dingin memecahkan rekor terdingin pada tahun 1919. Di Aberdeen, suhu terdingin mencapai -36 derajat.

Di New York, petugas transportasi menangguhkan layanan feri komuter Newburgh-Beacon pada hari Selasa karena kondisi dingin di Sungai Hudson membuat air sungai membeku. Di Florida, beberapa taman air di Orlando ditutup karena suhu ekstrem, CNN melaporkan.

Wisatawan yang mengunjungi air terjun Horseshoe di Niagara Falls berebut memotret aliran air yang berubah menjadi es.

The Atlantic White Shark Conservancy melaporkan seekor hiu beku sedang berusaha membebaskan diri di pantai selatan Boston. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya