Minum Kencing Unta Praktik Tak Aneh di Timur Tengah, Kenapa?

Rumah Sakit Khusus Unta di Dubai
Sumber :
  • REUTERS/Satish Kumar

VIVA – Minum air seni hewan unta di Timur Tengah, bukan hal yang aneh. Hal itu dilakukan dengan keyakinan bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

Kiamat Masih Jauh Jika 3 Hewan Ini Masih Ada di Bumi, Menurut Gus Baha

Dikutip dari laman Metro, Senin 8 Januari 2018, hal itu disebutkan ada dalam hadis mengenai orang-orang Ukl, atau Ukraina yang datang ke Madinah untuk pengobatan. Mereka, kemudian disuruh minum air susu dan urine unta sebagai obat dan mereka dikisahkan memang mengalami kesembuhan.

Meski belakangan, praktik meminum air kencing unta mendapat perhatian badan kesehatan dunia WHO. Badan PBB itu mengingatkan risiko mengonsumsi urine unta yang tak higienis. Akibatnya, bisa sama seperti mengonsumsi daging yang tak dimasak dengan matang. Apalagi, praktik tersebut juga dikhawatirkan berisiko membawa virus MERS.

Heboh! Mayang Ngaku Dilamar Sultan Turki, Maharnya 20 Ekor Unta

Sementara itu, Dailymail pada 22 Desember 2015, pernah melansir penutupan toko dan gerai yang menjual air seni onta di Arab Saudi oleh otoritas setempat. Hal ini dilakukan tak lain, karena ternyata terdapat pemalsuan air seni.

Alih-alih mengemas air kencing unta, si penjual justru menjual air seninya sendiri. Inspektorat kesehatan Saudi pada saat itu, menemukan setidaknya ada 70 botol air seni onta yang dipalsukan.

Mayang Beberkan Kejadian Dilamar Bos dari Turki, Richard Lee: Ini Real?
Ilustrasi kiamat.

Berapa Lama Hari Kiamat akan Berlangsung? Ini Penjelasannya

Kehidupan dunia akan berakhir usai datangnya hari kiamat. Menurut sebuah hadits, hari tersebut akan berlangsung selama 50 ribu tahun. Bergini penjelasannya lebih lanjut

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024