Kim Jong-un Ultah, Tak Ada Perayaan Khusus

Kim Jong Un Beri Penghargaan untuk Ilmuwan Pembuat Hwasong-15
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diyakini merayakan ulang tahunnya yang ke-34 pada hari ini, 8 Januari. Namun tak ada perayaan spesial yang dilakukan untuk memperingati bertambahnya umur diktator Korut tersebut.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Usia Kim saat ini masih menjadi misteri dan belum pernah diakui secara resmi. Usia 34 tahun itu dikonfirmasi oleh bibinya, Ko Yong Suk, dalam sebuah wawancara saat dia mengatakan mengingat mengganti popok Kim saat masih bayi.

Ko juga menceritakan bagaimana pada hari ulang tahun Kim yang ke delapan, dia diberi seragam jenderal yang dihiasi oleh bintang-bintang dan dihormati oleh petinggi Korea Utara.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Saat dewasa, perayaan ulang tahun Kim dilaporkan di hadapan publik pada tahun 2014 lalu ketika bintang bola basket Amerika, Dennis Rodman, menyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' kepadanya setelah pertandingan di Pyongyang.

Ulang tahun sang diktator menjadi sesuatu yang dirahasiakan sejak dia menjadi pemimpin pada tahun 2011 lalu, dan tidak dimasukkan dalam kalender resmi di negara tersebut. Menurut para pengamat, sanksi ekonomi dunia atas Korut juga telah membuat masyarakat negara itu lebih terpuruk.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

"Sanksi internasional, terutama yang diberikan setelah uji coba nuklir keenam pada September lalu, menyebabkan kesulitan kepada pekerja, banyak yang kehilangan pekerjaan sebagai akibat lambatnya ekspor batu bara secara bertahap," kata seorang sumber yang tak disebutkan namanya, dikutip Telegraph, Senin, 8 Januari 2018.

"Ketika pemerintah mendorong propaganda tentang pengembangan nuklir dan misilnya, sementara bahkan para pedagang yang lebih sukses kehilangan pekerjaan dan kelaparan tahun ini, orang hanya akan menertawakan Kim Jong Un jika melihat hari kelahirannya dijadikan sebagai hari libur," ujarnya.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022