10-01-1946: Majelis Umum PBB Perdana Bersidang, Soal Apa?

Suasana sidang di Dewan Keamanan PBB.
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Pada hari ini tepat tanggal 10 Januari tahun 1946 silam dilangsungkan sidang atau rapat pertama di Majelis Umum PBB. Organisasi dunia PBB yang pada saat itu sudah memiliki 51 anggota mengadakan rapat umum perdana di Gedung Utama Westminster di London, Inggris sebagaimana dikutip dari laman History.

10 Negara Ini Menolak Gencatan Senjata di Gaza, Ada Tetangga Indonesia!

Sepekan kemudian Dewan Keamanan PBB bersidang mengikuti langkah Majelis Umum tersebut. Dalam rapat itu ditentukan berbagai prosedur standar di Dewan Keamanan.

Tak lama, Majelis Umum mengeluarkan Resolusi PBB pertama tentang penggunaan energi atom untuk tujuan damai sekaligus pelarangan penggunaan bom atom dan sejenisnya sebagai senjata pemusnah massal.

Diplomat Perempuan Palestina Lontarkan Pernyataan Menohok ke AS di Sidang PBB

Pada tahun 1944, dilangsungkan lebih awal Konferensi Dumbarton Oaks di Washington DC untuk mendiskusikan penanganan dunia pascaperang. Sementara Piagam PBB sudah mulai disusun Piagam PBB.

Piagam PBB lalu paling awal diratifikasi oleh lima negara pemegang hak veto di PBB.

Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Ferdy Sambo
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Presiden Jokowi (kanan).

Netralitas Jokowi saat Pemilu Disorot di Sidang PBB, Airlangga Bilang Begini

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto membela Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disorot dalam Sidang Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait netra

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024