12-01-1932: Senator Wanita Pertama Terpilih, Siapa Dia?

Bendera Amerika Serikat
Sumber :
  • REUTERS/Joshua Roberts

VIVA – Pada hari ini, tepat tanggal 12 Januari 1932 silam, Ophelia Wyatt Caraway dari Partai Demokrat asal Arkansas terpilih dan menjadi Senator perempuan pertama di Amerika Serikat. Dikutip dari laman History, Caraway lahir di Bakerville, Tennesee.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Dia masuk ke Senat untuk menggantikan sang suami bernama Thaddeus Horatio Caraway setelah Thaddeus Horatio meninggalkan posisi tersebut selama dua bulan. Diketahui bahwa Caraway kemudian berhasil terpilih atas sokongan Huey Long, seorang senator asal Lousiana yang merupakan tokoh berpengaruh.

Pada tahun 1938, Caraway kembali terpilih untuk kedua kalinya. Kemudian pada tahun 1944, dia masuk dalam Komisi Kompensasi Tenaga Kerja Federal AS yang dipilih oleh Presiden Franklin Roosevelt.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Apabila Caraway yang merupakan perempuan terpilih pertama yang duduk di Senat AS, maka nama Rebecca Latimer telah dikenal lebih awal. Bahkan bila kategori perempuan yang mencalonkan diri menjadi Senat pertama maka Latimer merupakan orangnya. Meski dia disebutkan akhirnya tak maju di pemilihan resmi calon anggota Senat.

Sementara perempuan AS pertama yang duduk di Kongres yaitu Jeannette Rankin. Dia terpilih pada tahun 1917. (ase)

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China
Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020