Donald Trump Yakin Bisa Baikan dengan Kim Jong-un

Presiden AS, Donald Trump, saat rayakan Halloween di Gedung Putih.
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan bahwa dia 'mungkin' akan memiliki hubungan yang sangat baik dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Pernyataan ini jauh berbeda lantaran selama ini kedua pemimpin negara tersebut kerap bersitegang soal program nuklir Korea Utara.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Trump menyebut Kim sebagai 'maniak' dan 'manusia roket', sementara Kim menanggapinya dengan menyebut Trump 'pria tua gila'.

"Saya mungkin memiliki hubungan yang sangat baik dengan Kim Jong Un. Saya memiliki hubungan dengan banyak orang. Saya pikir orang-orang akan terkejut," kata Trump, seperti diberitakan Reuters, Jumat 12 Januari 2018.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Ketika ditanya apakah Trump telah berbicara dengan Kim, Trump mengatakan bahwa dia tidak mau berkomentar mengenai hal itu. "Saya tidak ingin mengatakan sudah berbicara atau belum. Saya hanya tidak mau berkomentar," ujarnya.

Pada November lalu, Trump dalam kunjungannya ke Vietnam mengatakan bahwa berteman dengan Kim 'mungkin adalah hal yang aneh', namun itu bisa saja terjadi.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Pernyataan Trump ini dikeluarkan setelah Korea Utara dan Korea Selatan pada 9 Januari lalu mengadakan pembicaraan pertama mereka sejak dua tahun yang. Trump mengatakan bahwa Amerika bersedia untuk berbicara dengan Korut, dalam situasi yang tepat.

Ia juga mengatakan, Amerika dan Korea Selatan akan menunda latihan militer hingga gelaran Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Korea Selatan selesai diadakan, sehingga bisa mengirimkan 'pesan yang baik' untuk Korea Utara. (ren)

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024