Erupsi Hebat Gunung Mayon, 12 Ribu Orang Mengungsi

Erupsi Gunung Mayon di Filipina
Sumber :
  • Raymund Mark Nayve/via REUTERS

VIVA – Gunung Mayon yang merupakan gunung berapi di Filipina erupsi dan tingkat erupsi tersebut diperkirakan terus meningkat hingga Senin, 15 Januari 2018. Para vulkanolog memperingatkan bahwa erupsi itu bisa mencapai puncaknya pada beberapa hari ke depan.

Orang Barat Dituding Sebabkan Peningkatan Video Seks Anak di Filipina

Hingga 12 ribu orang disebutkan sudah meninggalkan rumah mereka dan mengungsi ke wilayah aman seperti dikutip dari laman Telegraph.

Getaran vulkanis dan reruntuhan batu dan magma mengguncang puncak gunung Mayon dalam 24 jam terakhir. Sebelumnya terjadi beberapa kali erupsi ringan.

Gunung Agung Erupsi, Lontaran Batu hingga 3 Km

Penduduk setempat dievakuasi maupun mengevakuasi diri sendiri hingga jarak 4 mil atau 7 Kilometer dari wilayah tersebut. Disebutkan pula ada potensi awan dengan gas beracun hingga lumpur panas yang berbahaya.

"Berbahaya bagi keluarga untuk tetap tinggal di radius yang masih dijangkau asap berbahaya," kata otoritas setempat Claudio Yucot.

Erupsi Gunung Agung, BPBD Sebar 10 Ribu Masker

Gunung Mayon berada sekitar 330 Kilometer dari Kota Filipina. Saat erupsi disebutkan sempat turun hujan di lokasi yang membuat dampak erupsi tak terlalu parah. Terakhir, gunung Mayon juga erupsi pada tahun 2014 yang menyebabkan hingga 63 ribu orang mengungsi.

Ilustrasi - Tim SAR melakukan pencarian korban kecelakaan kapal

Tiga Kapal Terbalik di Laut Filipina, 11 Orang Tewas

Tiga orang dilaporkan hilang.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2019