Eks Intel Andalan CIA Ditangkap, Khianati Negara Sendiri

Bendera Amerika Serikat dan China
Sumber :
  • REUTERS/Jason Lee

VIVA – Mantan agen atau intel Badan Intelijen Amerika Serikat CIA ditangkap dan ditahan karena terlibat skandal mata-mata yang diduga berdampak pada makin ringkihnya kekuatan intelijen Amerika Serikat di China. Diduga, atas andil mantan agen CIA itu, 20 intel AS ditahan China. Bahkan sebagian diketahui mati terbunuh.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Dilansir Independent, Jerry Chun Shing Lee, pria berusia 53 tahun merupakan warga AS naturalisasi dari China. Dia ditahan di Bandara JFK, New York, AS. Lee diketahui selama ini tinggal di Hong Kong setelah tak lagi bekerja untuk CIA.

Dia kemudian ditahan dan didakwa secara ilegal memberikan informasi rahasia AS, termasuk memberitahukan kontak para intel AS di negara Tirai Bambu.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Lee sempat menjadi tentara AS mulai tahun 1982 hingga 1986. Dia lalu bergabung dengan CIA sejak tahun 1994 yang bertugas sebagai intel andalan dalam hal penyamaran komunikasi, deteksi pengawasan, perekrutan hingga pengelolaan aset CIA di negaranya bertugas.

"Lee bekerja di CIA sejak tahun 1994 dan memegang banyak informasi rahasia selama bertugas di CIA," dirilis Departemen Kehakiman AS.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Disebutkan bahwa Lee dibidik setelah adanya tindakan counter intelligent yang dilakukan FBI pada tahun 2012 setelah AS kehilangan banyak aset di China. Diduga, hal itu bisa terjadi atas keterlibatan Lee.

Lee dilaporkan mengundurkan diri dari CIA pada tahun 2007, namun dia diduga memberikan informasi rahasia yang merugikan AS selama beberapa tahun terakhir.

BYD Sea Lion 07

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Pabrikan asal China, Build Your Dreams (BYD) merilis foto-foto interior resmi dari mobil listrik Sea Lion 07, sebuah SUV yang dikabarkan bakal bersaing dengan Tesla model

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024