Bahas Terorisme, Menhan AS Akan Kunjungi Indonesia

Menteri Pertahanan AS, Jenderal James Mattis alias Mad Dog.
Sumber :
  • Reuters/Yuri Gripas

VIVA – Menteri Pertahanan Amerika Serikat, James Norman Mattis, akan melakukan kunjungannya ke Indonesia pada tanggal 22-24 Januari 2018 mendatang. Rencananya selama berada di Indonesia, ia akan bertemu dengan Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu.

Menteri Pertahanan AS Girang Sambut Menlu Retno di Pentagon

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir mengatakan tujuan utama kunjungan Mattis ke Indonesia adalah dalam konteks peningkatan kerja sama pertahanan kedua negara. Pada dasarnya, Indonesia dan Amerika telah memiliki kerangka kerja sama pertahanan sejak lama.

"Beberapa isu yang akan dibahas terkait modernisasi alutsista (alat utama sistem persenjataan) dan bekerja sama dalam memerangi terorisme," kata Arrmanatha di Gedung Kemlu, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Januari 2018.

Aksi TNI Gigit dan Minum Darah Ular Jadi Perhatian Dunia

Selain itu, dalam kunjungan menteri yang kerap disapa 'Mad Dog' atau 'Anjing Gila' ini, kedua menteri pertahanan juga akan membahas upaya memperkuat kerja sama dalam konteks Indo-Pasifik, untuk menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil dan sejahtera.

Mattis merupakan menteri pertahanan di pemerintahan Donald Trump yang memiliki pandangan kritis. Bahkan, Trump membandingkan pensiunan Korps Marinir Amerika ini dengan George Patton, jenderal legendaris AS semasa Perang Dunia II.

Pertemuan Mattis dan Jokowi Juga Bahas Korea Utara

Dijuluki 'Mad Dog' atau Anjing Gila, lantaran pengkritik keras kebijakan Timur Tengah di masa pemerintahan Presiden Barack Obama, khususnya terhadap Iran. Ia bahkan menyebut Iran sebagai 'ancaman tunggal paling abadi bagi stabilitas dan perdamaian di Timur Tengah'.

Selain itu, Mattis pernah memimpin batalion tempur selama Perang Teluk I pada 1991 serta memimpin unit tempur khusus di wilayah selatan Afghanistan pada 2001.

Ilustrasi pasukan khusus Navy SEAL.

Menhan AS Pecat KSAL, Skandal Navy SEAL Foto Sama Mayat

Terkait penanganan kejahatan perang di Irak oleh anggota Navy SEAL.

img_title
VIVA.co.id
25 November 2019