Akhirnya, Shutdown Amerika Serikat Dicabut

Gedung Capitol Hill di Washington, Amerika Serikat
Sumber :
  • REUTERS/Jim Bourg

VIVA – Kongres Amerika Serikat akhirnya menyetujui rancangan anggaran pemerintah AS pada Senin, 22 Januari 2018 melalui pemungutan suara. Dilansir Reuters, 23 Januari 2018, kesepakatan akhirnya dicapai dan pemerintah memutuskan shutdown akhirnya dicabut.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Kesepakatan dicapai setelah perwakilan Partai Demokrat AS di Kongres berhasil dilobi oleh Partai Republik. Demokrat disebutkan menerima janji dan tawaran yang diajukan oleh Partai Republik termasuk soal nasib para imigran.

Sebelumnya shutdown sempat terjadi di AS pascagagalnya Kongres menyetujui rancangan anggaran yang diajukan pemerintah. Hal tersebut diketahui juga pernah terjadi di pemerintahan sebelumnya.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Pemerintah AS mulai hari ini dibuka kembali, namun Partai Republik disebut akan menginisiasi perubahan pada kebijakan imigrasi termasuk soal bujet yang berkaitan dengannya.

Sebelumnya Trump dan lingkarannya juga melakukan komunikasi intensif untuk melobi pemimpin Senat dari Partai Demokrat, Chuck Schumer agar Demokrat bisa menyetujui rancangan undang-undang itu.

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China

"Saya akhirnya bisa lega karena Demokrat di Kongres bisa berpikir dengan logis," kata Trump.

"Kita bersama-sama akan menyusun perjanjian soal imigrasi yang dipastikan baik untuk negeri ini," lanjutnya. (one)

Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020