Kejari Medan Terima SPDP Kasus Pembunuhan Hakim Jamaluddin

Ruang kerja Jamaluddin, hakim korban pembunuhan, di Pengadilan Negeri Medan, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVAnews/Putra Nasution

VIVA - Kejaksaan Negeri Medan sudah menerima ?Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) perkara kasus pembunuhan berencana terhadap Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin.

Sadis! Ibu Rumah Tangga di Garut Tewas Dibunuh, Anak Korban Luka Berat dan Motornya Dicuri

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Seksi Intelijen Kejari Medan, M.Yusuf kepada wartawan di Medan, Senin 13 Januari 2019. SPDP itu, milik tersangka ?Zuraidah Hanum (41), Jefry Pratama (42), dan Reza Pahlevi (29).

"SPDP itu kita terima pada hari Jumat 10 Januari 2020, kemarin," kata Yusuf.

Kata-kata Terakhir Korban Alek Sebelum Tewas Dibunuh Secara Sadis

SPDP itu diterima dari penyidik Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polrestabes Medan. Yusuf mengungkapkan tengah diteliti sembari menunggu berkas perkara dilimpahkan atau tahap pertama.

“SPDP adalah bentuk check and balances dalam menjalankan kewenangan penyidikan. Penuntut umum sebagai pemegang kekuasaan penuntutan mempunyai hak menentukan apakah suatu penyidikan telah lengkap atau belum. Dalam konteks itulah penyidik memberitahukan melalui surat kepada penuntut dimulainya penyidikan," kata Yusuf.

Polisi Ungkap Motif Pelaku Pembunuhan Kakek di Garut

Kemudian, Yusuf menjelaskan bila berkas perkara dinyatakan lengkap? atau P-21 dan penyerahan barang bukti dan tersangka atau P-22. Baru Jaksa Penuntut Umum (JPU) melimpahkan berkas ke PN Medan untuk diadili.

“Ada prosedur dalam penanganan setiap perkara. Kita pasti koordinasi dengan penyidik agar segera pelimpahan ke persidangan,” ?kata Yusuf.

Jamaluddin dibunuh oleh istrinya bersama dua pria suruhan di rumahnya Perumahan Royal Monaco Blok B, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan?, Jumat dini hari, 29 November 2019. Kemudian, jasad korban dibuang dengan mobil korban Toyota Land Cruiser Prado dengan nomor polisi BK 77 HD ke Desa Suka Dame, Kutalimbaru,? Kabupaten Deli Serdang.?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya