Otak Pembobol Rekening Ilham Bintang Sudah Beraksi 19 Kali

Polisi tangkap para pembobol rekening wartawan senior Ilham Bintang.
Sumber :
  • VIVAnews/ Foe Peace Simbolon.

VIVA – Otak kasus pembobolan rekening wartawan senior Ilham Bintang ternyata bukan baru sekali ini beraksi. Kepada polisi, tersangka Desar mengaku sudah melakukan hal serupa sejak 2018 silam.

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

"Kalau baru ketangkap sekali ini," ucap Kepala Unit 2 Subdit 4 Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Hendro Sukmono di Markas Polda Metro Jaya, Rabu 5 Februari 2020.

Desar mengaku sudah 19 kali banyaknya membobol rekening. Hal ini dilakukan dengan tim yang berganti-ganti, bukan dengan tim yang membobol rekening Ilham Bintang saja. Total kerugian dari 19 kali asksinya diklaim Desar mencapai Rp1 miliar.

Polisi Temukan 2 Mayat Pekerja Konstruksi Korban Runtuhnya Jembatan Baltimore

"Kemarin dia (Desar) bilang sudah 19 kali beraksi sejak dua tahun lalu, total (kerugian) kurang lebih Rp1 miliar," katanya.

Seperti diketahui, ada 8 orang dicokok terkait kasus ini. Di mana 2 di antara mereka adalah seorang perempuan. 

Petugas ETLE Mulai Tahun Ini Dapat Insentif

Kasus ini sendiri diketahui setelah Ilham membuat laporan ke polisi. Laporan Ilham diketahui masuk ke Polda Metro Jaya per tanggal 17 Januari 2020 lalu.

Adapun laporan itu teregistrasi dengan nomor LP/349/I/Yan 2.5/2020/SPKT PMJ tertanggal 17 Januari 2020. Kasus ini bermula saat kartu SIM Indosat milik Ilham tidak bisa diakses saat berlibur akhir tahun ke Australia. Padahal pada waktu bersamaan, Ilham menyebut telah membeli paket roaming.

Saat mengecek ATM Commonwealth Bank di Melbourne pada tanggal 6 Januari 2020, Ilham melihat rekeningnya dikuras habis. Dia pun melapor ke otoritas Kepolisian Melbourne dan setibanya di Tanah Air membuat laporan polisi ke Polda Metro Jaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya