Ojek Pangkalan yang Peras Penumpang Rp750 Ribu Diciduk

Ojek pangkalan yang viral di media sosial
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Tiga ojek pangkalan (opang) yang memeras Rp750 ribu kepada penumpangnya berhasil ditangkap. Ketiganya diamankan petugas gabungan dari Polsek Tanjung Duren dan Polsek Kalideres.

ASDP Angkut 26 Ribu Orang dan 125 Ribu Kendaraan pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Kanit Reskrim Polsek Tanjung Duren, AKP Mubarak mengatakan, mereka ditangkap di kediamannya masing-masing, tak jauh dari Terminal Kalideres.

Setelah diamankan, ketiga opang tersebut dibawa ke Pospol Terminal Kalideres sebelum dibawa ke Mapolsek Tanjung Duren.

Santri di Lamongan Diduga Diikat dan Dibanting, Begini Faktanya

"Berbekal video yang viral itu, pelaku kami amankan tanpa perlawanan di kediamannya masing-masing," Kata saat dihubungi Via WhatsApp pada Jumat, 21 Februari 2020.

Selain mengamankan tiga opang yang viral, polisi turut mengamankan tiga motor ketiganya yang dilakukan saat mengantarkan korbannya.

Pj Gubernur Minta Polisi Usut Video Mirip Sekda Tapanuli Utara Diduga Mesum

Namun, Mubarak masih enggan membeberkan siapa saja identitas serta sudah berapa kali pelaku menjalankan aksinya.

"Ini mau kita bawa dulu untuk dilakukan pemeriksaan," Kata Mubarak.

Sementara itu, salah satu netizen yang berkomentar dengan akun @kingrazerr menuliskan bahwa yang menjadi korbannya itu adalah rekannya.

Ia menjelaskan, saat itu ketiga rekannya baru saja turun dari bus rute Kediri-Jakarta di Terminal Kalideres hendak melanjutkan perjalanan ke kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Lantaran tak bisa memesan taksi atau pun ojek online, maka ketiganya pun memesan opang.

Kata dia, ketiga rekannya percaya begitu saja dengan para opang itu lantaran saat menegoisasi tarif, para opang menyebut angka 25 yang diasumsikan Rp 25 ribu.

Namun ternyata saat tiba di tujuan, opang itu meminta Rp 750.000 dengan pengertian bahwa 25 yang mereka maksud itu adalah Rp 250.000.

Sebelumnya, viralnya vidio berdurasi 5.51 menit itu memperlihatkan suasana cekcok antara tiga ojek pangkalan dan seorang penumpang. Ojek memaksa agar masing-masing dari ketiga penumpangnya membayar jasa senilai Rp 150.000 sedangkan sang penumpang hanya bisa membayar diangka Rp 100.000 saja. 

"Dari Kalideres ke sini per orang Rp 150.000, jadi tiga orang Rp 450.000. Awalnya minta Rp 250.000 per orang," Celoteh penumpang sambil merekam suasana debat melalui ponsel miliknya.

Dari keterangan penumpang dalam vidio tersebut, awalnya, tukang ojek mematok harga sebesar Rp 750.000 untuk tiga orang dari Kalideres menuju Tanjung Duren. Merasa angka itu tidak masuk akal sang penumpang lantas menawar harga Rp 300.000 untuk tiga orang. Namun, hasil negosiasi itu gagal total mana kala tiga penumpang sudah sampai ke tempat tujuan. Mereka dipaksa membayar Rp 150.000 untuk masing-masing penumpang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya