Tikam Anggota TNI AD hingga Tewas, Oknum Marinir Ditahan Puspomal

Ilustrasi tempat kejadian perkara / pembunuhan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Anggota marinir TNI AL atas nama Letda Mar RW sudah ditahan di Puspomal akibat penusukan yang dilakukannya terhadap Serda RH Saputra, anggota Babinsa Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. 

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Serda Saputra tewas akibat ditusuk oleh Letda Mar RW di bagian punggung dan dada pada Senin, 22 Juni 2020.

"Oknum anggota TNI AL, Letda Mar RW, sudah ditahan di Puspomal, diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan TNI," kata Dirbindik Puspomad, Kolonel CPM Kemas A Yani di Mabes AD, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Juni 2020.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Letda Mar diduga kuat melakukan penusukan terhadap Serda Saputra hingga tewas berdasarkan keterangan saksi-saksi, bukti rekaman Closed Circuit Television (CCTV), juga dari hasil olah lokasi kejadian. 

Setidaknya ada sembilan saksi diperiksa. Selain Letda Mar RW, pelaku lainnya adalah warga sipil. Untuk pelaku yang warga sipil diproses hukum oleh Polres Metro Jakarta Barat.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Pelaku diduga oknum anggota AL Letda Mar RW. Kemungkinan masih ada tersangka lain," ujar Kemas.

Meski begitu, belum dijelaskan motif dari pelaku menusuk Serda Saputra. Puspomal masih melakukan penyidikan. "Sedang ditangani Puspomal. Nanti bisa ditanyakan karena sudah tingkat penyidikan di sana," katanya.

Anggota TNI AL tiba-tiba mengamuk

Dandim 0503/JB, Kolonel (Kav) Valian Wicaksono mengatakan, saat ini POM TNI AL masih menyelidiki untuk mengungkap motif oknum TNI AL yang menusuk Serda Saputra.

Valian menjelaskan, Serda Saputra memang mendapat tugas untuk mengamankan buruh migran yang melakukan karantina mandiri di sebuah hotel, usai pulang dari luar negeri. "Kita kan dilibatkan, karena kita kan masuk dalam satgas tersebut," ujarnya.

Namun, menurutnya, tiba-tiba terjadi sebuah keributan di depan hotel, orang mengaku oknum TNI AL mengamuk. Akhirnya, pihak keamanan hotel melaporkan kejadian tersebut ke Serda Saputra selaku Babinsa.

"Jadi ada keributan, anggota kita mencoba menyelesaikan tapi malah almarhum yang tertusuk," ujarnya.

Pelaku penusuk Serda Saputra sudah diamankan pihak POM TNI. Kendati begitu, belum ada kejelasan motif Letda Mar menusuk Serda Saputra hingga tewas.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksma Mohammad Zaenal, membenarkan pelaku penusukan merupakan oknum anggota Marinir TNI AL.

“Benar, yang bersangkutan adalah oknum prajurit marinir TNI AL,” kata Zaenal, Selasa, 23 Juni 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya