Kasus Penipuan CPNS, Polisi Bekuk Oknum Pegawai Damkar Kota Tangerang

Polres Metro Tangerang Kota merilis kasus penipuan dengan modus menjanjikan PNS.
Sumber :
  • VIVAnews/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Oknum pegawai Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangerang diringkus jajaran Polres Metro Tangerang Kota setelah kedapatan melakukan penipuan, dengan modus menjanjikan seseorang untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Kapolres Metro Tangerang Kota, Komisaris Besar Polisi Sugeng Hariyanto mengatakan, pelaku berinisial DR (39) telah menipu kurang lebih 27 orang yang dijanjikan menjadi PNS.

"Kurang lebih ada 27 yang menjadi korban penipuan tersangka, adapun modus yang dijanjikan adalah pekerjaan menjadi PNS di Kota Tangerang," katanya, Jumat, 3 Juli 2020.

Cara Mahasiswi Cantik Tipu Korban Tiket Konser Coldplay hingga Raih Rp 1,2 Miliar

Baca juga: Polisi Gadungan di Medan Dicokok Ketahuan Peras Remaja

Tak tanggung-tanggung, DR yang memiliki pangkat eselon 2C tersebut mematok harga tinggi untuk para korban, yakni mulai Rp80 hingga Rp120 juta.

Polisi Cokok Mahasiswi Pelaku Penipuan Tiket Coldplay yang Raup Untung hingga Rp1,2 M

"Rata-rata korban sudah ada yang menyerahkan uang Rp80juta, Rp100juta, ada yang baru menyerahkan Rp10juta, total kerugian atau keuntungan yang diambil tersangka kurang lebih Rp600juta," ujarnya.

Tidak hanya itu, untuk meyakinkan korbannya, dia juga mengirimkan email berisi surat penerimaan PNS kepada para korbannya. Namun, modus tersebut dicurigai korban sebagai surat palsu.

"Hingga saat ini modusnya adalah untuk meyakinkan korban mereka mengirimkan email penerimaan sebagai kelulusan menjadi PNS. Tetapi setelah didalami dan dilakukan pengecekan ternyata itu adalah email palsu," ujarnya.

Akibat perbuatannya itu, pelaku dijerat dengan pasal 378 atau 372 KUHP, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya