Napi Asal China Kabur dari Lapas Tangerang Menggali 8 Bulan Lamanya

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA – Berdasarkan hasil pemeriksaan, ternyata narapidana atau napi asal China bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang, Banten telah melakukan penggalian untuk kabur selama kurang lebih delapan bulan lamanya.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

"Kami lakukan pemeriksaan terhadap saksi satu sel. Dia menyampaikan bahwa memang yang bersangkutan ini sudah delapan bulan dia kerja untuk mencongkel lubang tersebut," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu, 30 September 2020.

Lubang yang digalinya untuk melarikan diri cukup rapi. Bagaimana tidak, dia menggali menggunakan obeng, sekop hingga pompa air untuk menguras air di gorong-gorong. Galian cukup panjang dan besar. Dia butuh waktu 20 menit keluar lewat sana.

5 Negara yang Punya Utang Paling Besar ke China

"Kemarin sudah dilakukan pengecekan olah TKP ke sana dengan mengambil sampel orang yang masuk ke dalam memang muat, itu bisa memakan waktu sampai 20 menitan karena memang sangat kecil dan panjang dengan panjang 30 meter," katanya.

Baca juga: UAS Ulas Cerahnya Masa Depan Penghapal Alquran, Mahfud Sebut Terbukti

Jonatan Christie Won BAC 2024 After Defeating Li Shi Feng

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Hukum dan HAM membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi terkait dengan kaburnya seorang narapidana asal China dari Lapas Klas I Tangerang. Humas Ditjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti, mengatakan, hingga kini pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut. Pun, Polda Metro Jaya juga sudah membentuk tim guna menangkap Cai Changpan.

"Kami bentuk tim bersama-sama untuk mengejar yang bersangkutan. Tapi saya tidak bisa melihatkan seperti apa teknis yang dilakukan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Senin, 21 September 2020.

Tim sudah mulai memburu napi asal China  yang kabur tersebut. Tim gabungan terdiri dari anggota Polda Metro Jaya, Ditlantas, Polres Tangerang hingga Lapas Tangerang diturunkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya