Cara Rapi Narapidana asal China Buang Tanah Galian untuk Jalur Kabur

Napi China kabur lewat gorong-gorong
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Perkakas yang dipakai narapidana asal China bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan untuk kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tangerang, Banten, didapat dari lokasi pembangunan yang kebetulan saat itu ada renovasi dapur.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

"Kami masih dalami semuanya keterangan sejumlah saksi termasuk alat-alat yang kami temukan di lokasi," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu, 30 September 2020.

Ada sekop, besi, obeng, serta alat pahat hingga pompa air guna membuat gorong-gorong sepanjang kira-kira 30 meter sebagai jalan pelarian Cai. Berdasarkan hasil penyelidikan, Cai memanfaatkan karung untuk menaruh tanah bekas galian. Polisi turut meminta keterangan sejumlah sipir Lapas yang saat itu menjaga tahanan untuk mencari tahu apakah sipir turut membantu pelarian Cai.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

"Dia taruh di plastik kemudian dia buang di tong sampah di dalam nanti ditutupi lagi," katanya.

Baca: Napi Asal China Kabur dari Lapas Tangerang Menggali 8 Bulan Lamanya

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia membentuk tim khusus untuk menginvestigasi kaburnya Cai Changpan dari Lapas Klas I Tangerang. Polda Metro Jaya juga sudah membentuk tim guna menangkap Cai Changpan.

"Kami bentuk tim bersama-sama untuk mengejar yang bersangkutan. Tapi, saya tidak bisa melihatkan seperti apa teknis yang dilakukan," ujar Yusri Yunus pada 21 September 2020. (art)

Pre-order Seri iPhone 15 di Jakarta.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Apple diminta untuk menciptakan iPhone murah seperti HP Android pada umumnya. Namun, saran ini sepertinya sulit dilaksanakan karena Apple tidak ingin menurunkan standar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024