Polisi: Napi yang Kabur dari Lapas Ternyata Lulusan Tentara China

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus
Sumber :
  • VIVAnews / Foe Peace

VIVA – Narapidana asal China, Cai Changpan alias Cai Ji Fan yang melarikan diri dari Lapas Klas I Kota Tangerang, ternyata merupakan lulusan tentara di China. Tapi, tim sampai saat ini masih mengejar Cai dibantu Brimob di kawasan hutan Tenjo, Bogor.

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

“Dia memang lulusan tentara di China, makanya dia belajar survival karena mantan tentara. Ini yang menjadi kemampuan Cai untuk bisa survival di dalam hutan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro pada Sabtu, 3 Oktober 2020.

Baca juga: Napi Cai Chang Pan Kabur, 5 Sipir Lapas Tangerang Dinonaktifkan

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Namun, kata Yusri, tim sudah terus bergerak berkoordinasi dengan masyarakat. Bahkan, polisi sudah mengeluarkan daftar pencarian orang (DPO) kepada warga untuk melapor bila melihat Cai.

Menurut dia, Cai juga pernah melarikan diri selama tiga hari dan ditemukan oleh tim kepolisian berada di dalam hutan juga daerah Sukabumi, Jawa Barat. Untuk itu, tim sekarang terus bergerak mengejar Cai.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

“Kita sekarang bersama tim semuanya bergerak dibantu Brimob Polda Metro Jaya. Mudah-mudahan kita bisa mengamankan dan bisa menangkap yang bersangkutan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Hukum dan HAM membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi terkait dengan kaburnya seorang narapidana asal China dari Lapas Klas I Tangerang. Humas Ditjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti, mengatakan hingga kini pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut. Pun, Polda Metro Jaya juga sudah membentuk tim guna menangkap Cai Changpan.

"Kami bentuk tim bersama-sama untuk mengejar yang bersangkutan. Tapi, saya tidak bisa melihatkan seperti apa teknis yang dilakukan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Senin 21 September 2020.

Tim sudah mulai memburu napi yang kabur tersebut. Tim gabungan terdiri dari anggota Polda Metro Jaya, Ditlantas, Polres Tangerang hingga Lapas Tangerang.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya