Napi Cai Changpan, Lulusan Militer China yang Hapal Hutan Tenjo

Napi asal China yang kabur dari Lapas Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan pengejaran terhadap narapidana narkoba yang kabur yakni Cai Changpan alias Cau Ji Fan masih terus dilakukan tim di lapangan. Kini, pengejaran dibantu dari Brimob.

Di Tengah Konflik Perang, Tiongkok Dukung Upaya Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

“Hari ini dibantu lagi oleh teman-teman dari Brimob untuk melakukan pengejaran,” kata Yusri di Mapolda Metro Jaya pada Sabtu, 3 Oktober 2020.

Karena, kata Yusri, napi Cai sebelum berurusan dengan aparat berwajib dan masih tinggal di Tenjo, Bogor, Jawa Barat memang sering melakukan kegiatan perburuan di dalam hutan. Jadi, Cai sangat menguasai medan tersebut.

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

Baca juga: Mobil TNI yang Viral Dipakai Warga Sipil Milik Puspomad

“Kenapa dia bisa bertahan sampai saat ini, karena memang dia hapal daerah hutan tersebut,” ujarnya.

Situasi di Timur Tengah Memanas, RI dan China Kompak Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Selain itu, Yusri mengatakan Cai yang merupakan warga negara China ini juga pernah ikut latihan kemiliteran China.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Hukum dan HAM membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi terkait dengan kaburnya seorang narapidana asal China dari Lapas Klas I Tangerang. Humas Ditjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti, mengatakan hingga kini pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut. Pun, Polda Metro Jaya juga sudah membentuk tim guna menangkap Cai Changpan.

"Kami bentuk tim bersama-sama untuk mengejar yang bersangkutan. Tapi, saya tidak bisa melihatkan seperti apa teknis yang dilakukan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Senin 21 September 2020.

Tim sudah mulai memburu napi yang kabur tersebut. Tim gabungan terdiri dari anggota Polda Metro Jaya, Ditlantas, Polres Tangerang hingga Lapas Tangerang.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya