Lewat Botol Losion, 6 Paket Sabu Gagal Diselundupkan ke Rutan di Aceh

IA, tahanan Rutan Jantho Aceh yang mendapat kiriman 6 paket sabu
Sumber :
  • Rutan Jantho Aceh

VIVA – Berbagai cara dilakukan untuk menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu ke dalam rumah tahanan atau rutan. Petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) Rutan Jantho, Aceh berhasil menggagalkan penyelundupan sabu yang dititipkan pengunjung untuk kerabatnya tahanan di dalam rutan.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Upaya penyelundupan itu dilakukan pada Sabtu, 7 November 2020. Beruntung, petugas berhasil menggagalkan upaya tersebut.

Kronologi berawal saat petugas P2U menerima barang titipan dari keluarga tahanan yang diantar menggunakan becak motor. Setelah diterima petugas dan melakukan pemeriksaan, oleh petugas P2U atas nama Rahmat dan Afrizal. Kecurigaan petugas berbuah hasil, ditemukan enam paket sabu-sabu di dalam botol losion.

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

Baca juga: Pengemudi Pembawa 20 Kilo Sabu-sabu di Riau Tewas

Kepala Rutan Jantho, Bambang Waluyo membenarkan bahwa benar pihaknya telah berhasil menggagalkan penyelundupan paket sabu dalam botol losion. 

Oknum Polisi yang Diamankan Usai Pesta Narkoba di Depok Ternyata Kakak Adik

“Kejadian terjadi sekitar pukul 17.30 WIB dan losion berisi sabu tersebut ditujukan kepada tahanan inisial IA,” ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Selasa 10 November 2020.

Bambang menerangkan bahwa pihak rutan telah melakukan pengamanan kepada tahanan yang bersangkutan dan langsung melakukan pendalaman serta penyelidikan lebih lanjut. Selain itu, melaporkan kejadian dan berkoordinasi dengan kepolisian.

Penggagalan penyelundupan narkoba ini adalah bukti keseriusan jajaran pemasyarakatan dalam menegakkan komitmen perang terhadap narkoba dari dalam lapas dan rutan.

"Tahanan IA saat itu juga langsung diamankan dan dipindahkan ke ruang tahanan khusus untuk penyelidikan lebih lanjut dan saat ini sudah ditangani langsung oleh pihak kepolisian,” kata Bambang. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya