Detik-detik Sindikat Rampok Bongkar Ubin Rumah Mewah di Jakbar

Perampok rumah mewah di Jakbar yang ambil ubin hingga kusen
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sebuah video tengah viral di sosial media instagram, di mana isi rumah mewah dibongkar oleh penyewanya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Viral Tukang Bangunan Pasang Ubin Sampai Tutup Jendela, Dibilangin Ngeyel

Seluruh bangunan dalam rumah berantakan dan usai membongkar, penyewa rumah langsung kabur usai mendapatkan apa yang diincarnya.

Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk, AKP Yudi Adiansyah membenarkan peristiwa pembongkaran rumah dan penyewanya mengambil bahan-bahan bangunan untuk dijual kembali.

Kisah Pilu Pak Usman, Eks Miliarder yang Hidup Sebatang Kara di Rumah Mewah Terbengkalai

"Bisa habis, bisa diangkut semua, marmer-marmer nya dicongkel, sampai kusen-kusen pintu, jendela, lukisan semua diambil. Rumah nya mewah tadinya, bisa habis kayak gitu ya," ujar Yudi dikonfirmasi, Senin 22 Maret 2021.

Yudi menjelaskan, pelaku yang merupakan penyewa rumah tersebut harusnya sudah menempati sejak pekan lalu.

Cuek Loly Pulang ke Indonesia, Nikita Mirzani Malah Pamer Bangun Rumah Mewah Buat Putranya

Kemudian, pemilik rumah yang ada di kawasan Puri, Kembangan ini berniat menengok rumahnya untuk bertemu dengan penyewa.

Namun bukan sang penyewa yang ditemuinya. Sang pemilik rumah mendapati rumah yang di sewakannya sudah dalam keadaan amburadul, terbongkar material di beberapa sisi rumah.

"Ternyata sudah dikerjain (bongkar) dalam seminggu katanya. Nah di sana masih ketinggalan truk nya 1 dan tukang 4 orang yang masih bongkar kusen di atas. Orang yang punya di Puri, pas mau bersih-bersih kaget kok ada truk. Jadi panggil RT, polisi ya di komplek Kedoya tapi di jalan raya luar," ujar Yudi.

Yudi mengaku, hari ini pihaknya akan gelar perkara kasus tersebut guna mengetahui modus penyewa rumah dan apakah ada rumah lainnya jadi korban.

Sebab, pihaknya baru menangkap 3 tukang bongkar bangunan rumah, sementara penyewanya yang berjumlah dua orang masih terus diselidiki.

"Pagi ini kita mau gelar perkara lagi, berapa tersangka, gelar perkara baru pagi ini. Nanti kita kabari sore. Iya. Gimana modusnya, ngontraknya berapa masih dalami," ujarnya.

Kasus Unik

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo mengatakan, kasus pencuri material bangunan rumah mewah ini unik. Karena baru pertama kali terjadi di Jakarta Barat.

"Ini juga unik, modusnya mendapat order bongkaran rumah kosong (tukang bongkar bangunan)," ujar Ady.

Dalam video berdurasi 60 detik itu terlihat kusen pintu, ubin marmer, kramik, sanitary, hingga tralis tangga dibongkar oleh tukang yang disuruh oleh dua orang penyewa.

Tiga tukang bangunan itu sudah diamankan oleh Polsek Kebon Jeruk berikut mobil truk yang dipakai untuk mengangkut material bangunan.

Dalam hal ini Ady mengatakan, para pelakunya sejatinya hanya tukang bangunan biasa yang menerima order dari pelaku utama yang menugaskannya.

"Modusnya mendapat order bongkaran rumah kosong. Jadi kusen, ubin, keramik, sanitary dibongkar. Sementara 3 pelaku sebagai kuli bongkar sudah diamankan, 2 orang terduga yang menyuruh masih dalam pencarian," ujarnya.

Baca juga: Polisi Buru Bos Rampok Pembongkar Ubin Rumah Mewah di Jakbar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya