22 Anggota Anarko Penyusup Demo Buruh Dipulangkan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA - Sebanyak 22 orang pemuda yang diduga anggota kelompok yang dikenal sebagai anarko-sindikalisme dipulangkan setelah dilakukan pendataan dan pemeriksaan.

Pemprov DKI Jakarta Tidak Bisa Penuhi Tuntutan Kenaikan UMP Serikat Buruh

"Kami sosialisasi, kami edukasi mereka, sudah kami pulangkan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Yusri Yunus, kepada wartawan, Senin, 3 Mei 2021.

Berdasar pemeriksaan awal, dari 22 orang tersebut kemudian mengerucut jadi delapan orang yang diduga sebagai anarko. Dari delapan mengerucut lagi jadi dua orang. Hal ini diketahui lewat bukti yang ditemukan pihaknya.

Demo Buruh di Patung Kuda, Waspada Macet: Arus Lalu Lintas Dialihkan

Salah satunya lambang anarko berbentuk huruf A dengan lingkaran di dalam tas mereka. Kemudian, lanjutnya, usai diberi sosialiasi dan edukasi, keduanya lantas dipulangkan.

"Kemudian dia punya chat, instagram apa semua ngajak semua, ngajak anarko untuk bergabung dengan buruh," katanya.

Irjen Karyoto Ungkap Alasan Demo Buruh Tak Dibubarkan Meski hingga Tengah Malam

Baca juga: Polisi Tangkap 22 Anggota Anarko Penyusup Demo Buruh

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 22 orang pemuda yang diduga anggota kelompok yang dikenal sebagai anarko-sindikalisme ditangkap polisi dalam demonstrasi peringatan Hari Buruh alias May Day di Jakarta pada 1 Mei 2021.

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, puluhan orang itu diringkus karena mencoba menyusup ke dalam massa demo buruh dan hendak membuat kerusuhan.

Para pemuda itu diciduk saat mereka akan bergabung ke dalam massa buruh di depan kantor perwakilan Organisasi Buruh Dunia (ILO) di Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya