Modus Test Drive, Motor Kawasaki ER-6n Dibawa Kabur Pencuri

Pencurian motor Kawasaki ER-6n dengan modus sebagai pembeli.
Sumber :
  • Tangkapan layar CCTV/Vicky Fajri

VIVA – Satu unit sepeda motor yang hendak dijual raib dibawa kabur pencuri. Pelaku beralasan ingin melakukan uji coba atau biasa disebut test drive.

Tas Istri Dicuri Hingga Barang Berharga Raib, Pasha Ungu Beberkan Hal Ini

Sepeda motor yang dibawa kabur itu adalah Kawasaki ER-6n berkelir putih dengan nomor polisi B 4354 SYX. Aksi pencurian tersebut terjadi di Jalan Sadar Raya Nomor 100 A, Ciganjur, Jakarta Selatan.

"Kejadiannya Rabu (5 Mei 2021) sekitar pukul 15.40," ujar korban pencurian bernama Fachri saat dikonfirmasi, Jumat, 7 Mei 2021.

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Baca juga: Bawa Penumpang dari Wuhan, Lion Air: Dapat Izin Kemenhub

Dikatakan Fahri, peristiwa itu berawal saat dirinya hendak memasarkan sepeda motornya melalui situs jual beli online. Dia mengunggah sejumlah foto motor yang hendak dijual disertai dengan nomor telepon guna mempermudah komunikasi dengan calon pembeli.

Pelaku Pencurian Motor Tewas Dikeroyok Massa di Tangerang

"Jadi itu motor dijual dan upload ke OLX. Pelaku chat, mau lihat motor dan nego harga. Hari Rabu pelaku datang," imbuhnya.

Kemudian, Fahri pun di hubungi pelaku yang berpura-pura sebagai calon pembeli dengan cara menghubungi nomor telepon yang dilampirkannya pada situs jual beli.

Pelaku pun tiba di kediamannya dengan menggunakan sebuah mobil. Dalam melakukan aksinya pelaku terekam kamera pengawas (CCTV) yang dipasang di kediamannya. Terlihat pelaku mengenakan baju kaus berwarna merah dan kemeja kotak-kotak celana panjang hitam, topi, dan masker.

"Lalu dia mau coba test drive. Awalnya saya enggak kasih dan saya minta test drive di pekarangan rumah saja," ujar Fachri.

"Tapi dia ngotot mau coba motornya (keluar rumah) karena mau ngerasain power dan motornya masih enak atau tidak," ujarnya lagi.

Setelah diizinkan, pelaku untuk melakukan test drive di luar rumah. Tak ada pikiran dari korban bahwa pelaku akan membawa kabur motornya. Karena pelaku datang bersama saudaranya sehingga ada jaminan.

Namun, ketika ditanya orang yang datang bersama pelaku ternyata adalah sopir taksi online. Alhasil, motor yang hendak dijual korban raib dibawa pelaku dengan alasan test drive.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya