Oknum Polisi di Medan Dicurigai Terlibat dalam Komplotan Begal

Ilustrasi lokasi begal.
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id

VIVA – Kepolisian Resor Kot Deli Serdang menyelidiki kasus begal yang melibatkan seorang oknum Polri, berinsial JA (38 tahun), yang bertugas di Polres Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Santri di Cikupa Tangerang jadi Sasaran Kawanan Begal Sadis, Tangan dan Kepala Dibacok

Korban begal JA bersama komplotannya seorang wanita bernama Lismawati (32 tahun) yang dibegal di satu jalan di Dusun Lestari, Desa Pasar V Kebun Kelapa, Kecamatan Bringin, Kabupaten Deli Serdang, Kamis siang, 22 Juli 2021. 

"Berawal dari masyarakat mengamankan seorang pelaku begal, yang mana pelaku diduga oknum anggota Polri bertugas di Polres Belawan," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Deli Serdang Kompol M Firdaus kepada wartawan, Sabtu.

Begal yang Seret Wanita hingga 100 Meter Sudah Belasan Kali Beraksi di Cikarang Barat

Firdaus menjelaskan, berdasarkan keterangan korban dan saksi-saksi di lokasi kejadian, JA bersama rekan-rekannya, berjumlah sekitar 7 orang, berpura-pura sebagai depkolektor alias penagih utang dan menghentikan laju sepeda motor korbannya. Mereka menyampaikan kepada korban bahwa sepeda motor itu bermasalah, tanpa memberikan penjelasan terperinci.

"Motif murni, pencurian dengan kekerasan. Ini motif sementara, dari keterangan saksi-saksi sekitar TKP, Pelaku berpura-pura sebagai depkolektor. Tapi kami memastikan lagi dari keterangan pelaku," ungkap Firdaus.

Kronologi Wanita Terseret Begal hingga 200 Meter di Bekasi

Lismawati, yang tidak ingin sepeda motornya dirampas, langsung berteriak "Maling, maling…” yang segera mengundang perhatian warga sekitar dan spontan mengejar pelaku. Namun, nahas bagi JA, sepeda motor ditumpanginya mogok. Ia dipukuli oleh warga hingga babak belur.

Polisi lantas datang ke lokasi kejadian dan menangkap seorang dari komplotan begal yang apes itu. Dalam pemeriksaan singkat, baru diketahui bahwa si pembegal merupakan oknum polisi yang bertugas di Satuan Sabhara Polres Pelabuhan Belawan itu.

Si oknum polisi, warga Jalan Banyu Urip, Kelurahan Renggas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, segera dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan atas luka-luka yang dia alami.

Polisi menyita sejumlah barang bukti dari tersangka pembegal, di antaranya pisau dan sepeda motor.

Aparat telah mengetahui identitas enam orang lainnya yang merupakan komplotan JA dan berjanji segera menangkap mereka. “Mohon waktunya untuk dapat kami ungkap," kata Firdaus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya