Trio Remaja Pemeras Modus Tuduh Orang Maling Ternak Ditangkap

Ilustrasi tahanan yang diborgol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Dua dari 3 remaja belasan tahun yang merupakan sindikat pemerasan disertai dengan kekerasan dicokok polisi. Modusnya, mereka menuding korban sebagai maling hewan ternak.

Sandra Dewi Berpotensi Jadi Tersangka Korupsi Ikut Harvey Moeis, Ini Kata Pakar Hukum

Keduanya adalah NP (19) dan M (19). Sedangkan satu tersangka lain yaitu R masih dalam pengejaran. Mereka beraksi di sekitar area peternakan di kawasan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Korban dicurigai oleh para pelaku akan melakukan pencurian di peternakan. Pada saat itu dikejar sama R diberhentikan dilakukan pemukulan dibantu NP dan M," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Selasa 10 Agustus 2021.

Sopir Truk Ugal-ugalan Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim Jadi Tersangka

Usai menuding dan menganiaya korban, ketiganya lalu memeras dengan minta uang senilai Rp1 juta. Mereka juga mengancam akan melaporkan korban sebagai pencuri hewan ternak kepada rukun tetangga alias RT setempat.

"Pelaku meminta uang Rp1 juta agar niatan melaporkan diurungkan," katanya lagi.

KPK Kembali Tetapkan Bupati Meranti Jadi Tersangka, Kini Giliran TPPU dan Gratifikasi

Namun korban tidak punya uang sehingga para pelaku merampas ponselnya. Mereka juga menggasak uang Rp100 ribu yang disimpan di saku celana korban. Atas perbuatanya, para tersangka dijerat dengan Pasal 365 KUHP dan terancam hukuman pidana penjara di atas 5 tahun.

"Handphone kemudian dijual dan uang hasil penjualan dibagi tiga. R masih dilakukan pengejaran karena dia yang pertama memberhentikan korban dan melakukan kekerasan serta merampas barang milik korban," ujarnya.

Helena Lim ditangkap

Potret Helena Lim Jadi Tersangka, Tampil Pakai Kemeja Dior Rp29 Juta Dilapisi Rompi Tahanan Pink

Kuntadi, Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) mengatakan, bahwa kasus ini Helena Lim berperan sebagai manajer PT QSE.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024