Sindikat Pembuat Pelat Nomor Palsu Khusus Polri dan DPR Dibekuk

Pelat kendaraan palsu khusus Polri
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Tiga pelaku penipuan dengan modus bisa buat nomor polisi kendaraan khusus Polri maupun DPR RI dicolok. Ketiganya pun menawarkan bisa membuat Surat Tanda Nomor Kendaraan sesuai keinginan konsumen.

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Kasus terkuak berawal dari adanya laporan yang masuk ke Polda Metro Jaya. Korban ditipu oleh sindikat ini sampai puluhan juta. Ketiganya adalah TA, AK dan US. Mereka ditangkap Subdit Reserse Mobile Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

"Ini berdasarkan adanya laporan dari seseorang yang melaporkan telah ditipu dan digelapkan uangnya sekitar Rp70 juta untuk pembuatan STNK dan (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) TNKB rahasia dari kepolisian juga untuk pembuatan dijanjikan STNK dan TNKB anggota DPR RI," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Markas Polda Metro Jaya, Kamis 16 September 2021.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Awalnya, tersangka TA berkenalan dengan korban di sebuah show room mobil dan menawarkan bisa membuat nopol khusus Polri. Korban yang setuju lantas menuruti keinginan korban membuat pelat Polri dan DPR RI. Untuk pelat Polri dengan STNK dipatok dengan harga Rp20 juta.

Sementara itu, untuk pelat DPR RI seharga Rp50 juta. Atas perbuatanya, para tersangka dikenakan Pasal 372, 378, 263 dan atau Pasal 266 KUHP. Mereka juga terancam hukuman diatas tujuh tahun penjara.

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama

"Korban melapor ke kepolisian kemudian kita lakukan pengecekan ke STNK termasuk TNKB-nya. Setelah di cek STNK dan TNKB ini identitasnya berbeda atau duplikasi. Jadi asal dicap saja setelah dicek di Samsat nomor TNKB itu sudah dipakai kendaraan lain," ujar dia lagi.

Baca juga: Sidang Kasus 3 Polisi Narkoba, Didakwa Simpan Narkotika di Laci Kantor

Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Penyelidikan kasus kebakaran maut yang terjadi di Toko Bingkai Mampang Jakarta Selatan, ikut melibatkan pihak Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri yang juga mela

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024