5 Fakta Pengemudi Lansia Diteriaki Maling dan Dikeroyok Hingga Tewas

Ilustrasi pengeroyokan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Nasib malang menimpa seorang lansia yang diteriaki maling hingga tewas dikeroyok sejumlah oknum. Video itu pun viral di media sosial yang mempertontonkan segerombolan orang tengah mengejar sebuah mobil SUV berwarna hitam di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Aksi pengejaran itu terjadi pada Minggu dini hari tadi, 23 Januari 2022.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Aksi Pengeroyokan Pengemudi Lansia Viral di Media Sosial

Berani Adang Maling, Karyawan Alfamart di Semarang Naik Jabatan Jadi Kepala Toko

Peristiwa itu terekam kamera pengemudi motor lainnya yang meneriaki maling. Dalam video yang berdurasi satu menit yang dibagikan akun Instagram @jurnalisupdate itu, pengemudi mobil dikejar oleh sejumlah motor dan juga terlihat sebuah mobil polisi. Pengemudi motor itu meneriaki maling kepada pengemudi mobil tersebut. "Maling," terdengar teriakan berkali-kaki yang dilontarkan perekam video tersebut. Dalam keterangan di video tersebut menyatakan, diduga seorang warga mencuri sebuah mobil Toyota Rush di wilayah Tebet, Jakarta Selatan. Kemudian, massa yang mengetahui adanya pencurian tersebut langsung mengejar pelaku hingga akhirnya tertangkap di Kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, pada Minggu dini hari tadi.

Rumah Pemenangan Prabowo-Gibran di Menteng Dibobol Maling

Pengemudi Mobil Dihakimi Massa

Saat tertangkap, pengemudi mobil tersebut dihakimi massa hingga meninggal di Jalan Pulo Kambing, Pulogadung, Jakarta Timur. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Ahsanul Muqaffi mengatakan, pengemudi mobil itu berinisial HM dan berusia 80 tahun. 

Pengemudi Mobil Bukan Pencuri

Ahsanul memastikan jika HM bukanlah pencuri akan, tetapi hanya mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi.

"Bukan pencurian, jadi informasi dari Tebet ke Pulogadung dia membawa mobil ngebut. (Kemudian) diteriaki maling hingga dikejar sampai Pulogadung," kata Ahsanul saat dikonfirmasi, Minggu malam dikutip VIVA. 

Ahsanul menambahkan, bahwa pihaknya telah mengecek identitasnya dan terbukti mobil tersebut miliknya. "Saat kami cek identitasnya, punya dia, enggak ada pencurian itu, salah," ujarnya. 

Polisi Terprovokasi Teriakan Maling

Ia menyebut jika polisi yang ikut mengejar mobil tersebut menduga bahwa mobil tersebut benar telah dicuri. Polisi yang mengejar terpancing lantaran terikan 'maling' yang dilontarkan oleh salah satu pengemudi motor. 

"Justru itu polisi mengikuti mobil, dia ikuti karena ada pernyataan 'maling-maling'," kata Ahsanul. 

Saat ini, ungkap Ahsanul, pihaknya tengah menelusuri kasus tersebut. Sejumlah saksi pun telah diperiksa dan para pelaku tengah diburu. 

"Baru kami lidik, baru kami cari pelaku pengeroyokan. Lagi interogasi saksi-saksi," katanya.

Warga Biangnya Provokasi?

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Ahsanul Muqaffi mengatakan, provokator penganiayaan bukanlah pengendara yang motornya disenggol, melainkan warga sekitar yang spontan teriak "maling" padahal tidak tahu kejadian sebenarnya. Warga meneriaki pengemudi mobil dengan teriakan mobil lantaran mobil korban menyenggol sebuah motor. Menurut keterangan saksi, mobil tersebut nyenggol motor di wilayah Pulogadung, lalu ada yang meneriaki maling. Saat dikonfirmasi pada Senin, 24 Januari 2022, Ahsanul meminta doanya semoga pelaku cepat terungkap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya