Duel Berujung Tangan Preman Putus, Pedagang Taoge Jadi Tersangka

Preman yang tanganya putus karena duel dengan pedagang di Garut.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA – Duel berdarah di Pasar Tumpah Ciawiltali Kabupaten Garut yang menyebabkan tangan seorang preman berinisial Hr terputus terus diproses polisi. Rd, seorang pedagang taoge yang melawan Hr ditetapkan sebagai tersangka.

Bobol Brankas Majikan, ART di Kota Malang Bawa Kabur Berlian dan Ratusan Juta Rupiah

Kasat Reskrim Polres Garut, AKP Dede Sopandi mengatakan selain Rd, preman Hr juga ditetapkan sebagai tersangka. Untuk tersangka Hr, polisi menjeratnya dengan Undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 51 yaitu kepemilikan senjata tajam dengan ancaman 10 tahun dan subsider pasal 351 KUHP.

"Sementara untuk Rd kami terapkan pasal 351 KUHP karena dia membela diri. Dan, dia tidak niat berkelahi serta tidak membawa senjata tajam," kata Dede, kepada wartawan, Selasa 15 Maret 2022.

Viralkan Suami Selingkuh dengan 5 Wanita, Istri Dokter TNI Ini Dijebloskan ke Penjara

Pun, berdasar hasil penyelidikan sementara, kedua orang yang berduel itu sehari-hari di pasar saling mengenal sebagai teman. Hr, merupakan preman yang kesehariannya memungut uang lapak pedagang di Pasar Ciawitali. 

RD, pedagang yang duel dengan preman saat perawatan medis.

Photo :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat
6 Tewas Kasus Penikaman Massal di Mal Sydney, Pelaku Ditembak Mati Polwan

Pemicu duel ini karena adanya laporan sejumlah pemilik lapak kepada Hr bahwa dimintai setoran oleh Rd. Padahal, setoran itu sudah biasa dilakukan Hr.

Hr yang tak terima langsung termakan omongan tersebut. Dengan emosi dan sambil menenteng golok, ia langsung coba menghampiri Rd. Cekcok sebelum duel terjadi.

"Dari sana terjadilah cekcok antara Rd dan Hr. Lantas Hr membacok Rd oleh golok yang dibawanya," tutur Dede.

Lebih lanjut, Dede menambahkan, Hr membacok Rd di bagian kepala dan kaki. Rd yang terluka karena sabetan golok masih berupaya melawan.

Dia mendorong Hr dengan keras. Hr kemudian terjatuh lalu golok yang dipegangnya terlepas. Saat itu, Rd mengambil golok dan membacok Hr di bagian pergelangan tangan kirinya hingga terputus.

Warga dan pedagang lainnya saat itu langsung membawa keduanya ke RSUD dr Slamet Garut untuk perawatan medis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya